Camping Ground Tikus Emas

Bawaslu Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

25, November 2022 - 08:55 PM
Reporter : adithan
Bawaslu Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif
Bawaslu Bangka Tengah Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Tengah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif selama 2 hari  bertempat di Hotel Sol Marina Pangkalan Baru, Jumat (25/11/2022).

Yang mana selain sosialisasi Bawaslu Bangka Tengah juga mengajak  organisasi masyarakat mendeklarasikan pengawasan pemilu partisipatif, untuk melahirkan pesta demokrasi yang berintegritas dan bermartabat.

organisasi masyarakat yang mendeklarasikan pengawasan pemilu partisipatif yaitu KNPI, Karang Taruna, Komunitas Wartawan Belapun, Komunitas Wartawan Bekawan, Pokdarwis, GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto menyampaikan, pemilu 2024 pasti akan ada isu-isu yang bergejolak nantinya.

"Untuk itu kami mengajak organisasi kemasyarakatan, para pemuda,dan insan pers untuk turut mengawasi pemilu karena kami tak bisa bergerak sendiri," ujarnya.

Adanya sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dan mengajak semua elemen masyakat, maka penegakan keadilan pemilu bisa ditegakkan.

"Ini juga amanan dari Undang-undang no. 7 tahun 2017 yang harus kita lakukan dengan baik dalam pemilu serentak 2024 mendatang," jelasnya.

Robianto juga mengungkapkan, bahwa kita harus berkaca pada pemilu tahun 2019 yang mana di Kecamatan Pangkalan Baru ada 2 tempat pemungutan suara (TPS) melakukan pemilihan ulang.

"Untuk itu kami juga sudah mempersiapkan peta lokasi titik kerawanan dan membentuk Panwascam di setiap Kecamatan se Bangka Tengah," ungkapnya.

Pemilu sebagai layaknya sebuah pesta demokrasi, namun ada aturan yang membatasi pesta tersebut.

"Untuk itu kami mengajak semua lapisan elemen masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi proses pemilu tersebut, agar terciptanya pemilu yang berintegritas, damai serta berjalan se adil adilnya," pungkas Robianto (BOM)

Berita Terkait