Camping Ground Tikus Emas

Peringati HPSN 2023, Pemkab Bangka Tengah Gandeng Pelajar Peduli Sampah di Pantai Kebang Kemilau

25, February 2023 - 07:13 AM
Reporter : adithan
Peringati HPSN 2023, Pemkab Bangka Tengah Gandeng Pelajar Peduli Sampah di Pantai Kebang Kemilau
Peringati HPSN 2023, Pemkab Bangka Tengah Gandeng Pelajar Peduli Sampah di Pantai Kebang Kemilau

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar aksi pungut sampah di Pantai Kebang Kemilau, Kelurahan Arung Dalam, Kecamatan Koba, Jumat (24/2/2023) pagi.

HPSN ini diperingati pada tanggal 21 Februari setiap tahunnya di seluruh Indonesia. Momen ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap masalah sampah yang dihasilkan setiap tahunnya.

Pada kegiatan yang bertajuk Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat ini, Pemkab Bateng membalut para pelajar SMK Negeri 2 Koba. Hal ini bertujuan agar para pelajar memiliki rasa peduli dalam menjaga lingkungan sehingga hidup bersih dan nyaman akan didapatkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto saat memberikan sambutan usai senam pagi di Pantai Kebang Kemilau.

“Alhamdulillah, dengan tema kegiatan Tuntaskan Peduli Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat ini, kawasan Kebang Kemilau kita jadikan sebagai objek untuk lebih peduli sampah di lingkungan kita dengan cara membersihkan pantai,” ujarnya. Sabtu (25/2/2023). 

Ia berharap kegiatan ini mempunyai dampak yang baik dan dapat memotivasi para pelajar bersama masyarakat sekitar agar peduli terhadap kebersihan lingkungan secara luas. 

"Kami berharap, kita semua bersama para siswa semakin peduli dengan pantai ini dan menjadi bagian untuk mengoptimalkan pemberdayaannya. Mari peduli dengan sampah," harapnya.

Selain itu, dijelaskan bahwa kegiatan pengumpulan sampah tersebut juga sebagai ajang lomba para siswa SMKN 2 untuk mengumpulkan sampah.

"Kalian hari ini diperlombakan setiap kelas, barang siapa yang paling banyak memungut sampah maka akan diberi bonus," tambahnya.

Hasil dari balapan ini juara diperoleh sebagai berikut:

Kategori Timbulan Sampah :

1. Kelas XII Perhotelan (65,8 kg)

Juara 2. Kelas XI OTKP 2 (53,6kg)

Juara 3. Kelas XI PDP (41,3 kg)

Kategori Pemilahan Sampah

Juara 1. Kelas XI PDP (26,8 kg)

Kategori Pemilahan Sampah :

Juara 1. Kelas XI PDP (26,8 kg)

Juara 2. Kelas XI OTKP 1 (19,1 kg)

Juara 3. Kelas XI Akuntansi 1 (11,5 kg)