Camping Ground Tikus Emas

Mahasiswa Teknik Pertambangan UBB Gelar Reboisasi di TPA Parit Enam

08, March 2024 - 01:24 AM
Reporter : adithan
Mahasiswa Teknik Pertambangan UBB Gelar Reboisasi di TPA Parit Enam
Mahasiswa Teknik Pertambangan UBB Gelar Reboisasi di TPA Parit Enam
PANGKALPINANG, BANGKA TERKINI - Mahasiswa prodi teknik pertambangan UBB menyulap tempat pembuangan sampah menjadi lahan hijau, guna meningkatkan kualitas udara menjadi lebih baik.

Kamis 7 November hari dimana 5 mahasiswa universitas Bangka Belitung melakukan aksi reboisasi ini. Mahasiswa tersebut yakni Hafizh afifullah, hafiz resdana, Ageng pamungkas, ardiana putri, angelika ananta. Tanah milik pemerintah yang berlokasi didepan TPA (tempat pembuangan akhir) Parit 6 Kelurahan Bacang, sebelumnya dipenuhi oleh sampah masyarakat yang dibuang sembarangan kesini menjadi lokasi yang mereka tuju. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi tugas mereka di mata kuliah UBB Keunggulan dan Peradaban, dengan dosen pemangku, Waldimer Pasaribu, S.Psi., M.Si. 

Sebelumnya lokasi ini sudah 2 kali dibersihkan secara gotong royong oleh masyarakat dan bekerja sama dengan Dinas lingkungan hidup. Pembersihan itu bertujuan untuk mengangkat sampah yang berserakan di lahan tersebut.

"Tentu keberlangsungan hidup dan alam menjadi tanggung jawab kita bersama baik masyarakat, pemerintah maupun kami mahasiswa, maka dari itu lahan ini sudah dari lama kami perhatikan, dan tepatnya hari ini kami sudah menanam beberapa pohon berjenis alpukat, dengan harapan tanaman ini nanti nya bisa dijaga bersama - sama, dan kepada masyarakat sekitar untuk tidak mengulangi membuang sampah di lokasi atau diluar dari lahan pembuangan ini", ujar Hafizh.

"Kami sebagai mahasiswa tentu mau berpartisipasi aktif dalam perbaikan lingkungan sekitar kami," ujar Ageng.

Diakui Hafiz, sebelumnya mereka sudah mendapatkan izin dari ibu RT setempat untuk menanam pohon tersebut, dimana beliau mengatakan kegiatan ini sangat baik dan perlu diperbanyak lagi untuk kedepannya.

" Benih benih tanaman tersebut diharapkan dapat membawa pengaruh positif untuk masyarakat, sekaligus membawa efek jera agar kedepannya tidak membuang sampah lagi disana dan nantinya ketika sudah berbuah, tentu hasilnya juga bisa dibagi kepada masyarakat sekitar," harapnya.