Camping Ground Tikus Emas

Diskominfosta Bersama Awak Media Bangka Tengah Kunjungi Dewan Pers, Ini Tujuannya!

05, June 2024 - 12:54 PM
Reporter : Ilham

JAKARTA, BANGKATERKINI - Dinas Informasi, Komunikasi, dan Statistik (Diskominfosta) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Jurnalis Bateng sambangi Dewan Pers, pada Selasa, (4/6/2024) di Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan ke Dewan Pers ini bertujuan untuk berkonsultasi mengenai Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Sosialisasi ke rekan-rekan Jurnalis.

"Kali ini kita kunjungan ke Dewan Pers bersama awak media yang turut bekerjasama dengan Pemkab Bangka Tengah, tentunya jurnalis yang aktif meliput di Bateng," ujar Feri Prihatin Akbar selaku Kepala Diskominfosta Bangka Tengah.

"InsyaAllah tahun depan kita Pemkab Bateng akan menggelar UKW, sehingga butuh konsultasi mengenai anggaran dan teknis ke depannya, kemudian InsyaAllah Dewan Pers juga akan melaksanakan Workshop Pilkada kepada jurnalis, kemungkinan Juni 2024 ini," tambahnya.

Setelah melakukan konsultasi dengan Dewan Pers tersebut, pihaknya optimis bisa melakukan UKW tahun depan.

"Tahun ini baru kita usulkan anggarannya dan ini dikhususkan untuk wartawan yang medianya bekerjasama dengan Pemkab Bangka Tengah, kemungkinan juga akan ada workshop pilkada di Juni ini, sehingga akan kita koordinasikan lebih lanjut dengan Bupati Bangka Tengah," ujarnya.

Ia pun berharap, jurnalis yang bertugas khususnya di wilayah Kabupaten Bangka Tengah bisa menjalankan tugasnya dengan profesional.

Sementara itu, Totok Suryanto selaku Anggota Dewan Pers sekaligus Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri mengatakan workshop yang akan digelar merupakan literasi kepada jurnalis untuk memperkuat pemahaman tentang Pilkada.

"Bagaimana media bersikap dalam Pilkada, pahami titik rawan konflik dan jalani peran sebagai pencerdas, mengajak rakyat memilih," tuturnya.

"Sedangkan untuk kunjungan hari ini, seyogyangya wartawan harus mengenali Dewan Pers, dengan begitu yang butuh sertifikasi dan UKW bisa lebih paham dan kita mendorong sebanyak-banyaknya wartawan untuk mengikuti UKW," tukasnya. *