Camping Ground Tikus Emas

Wakili Babel, Kades Namang Raih Top Favorit Publik Tingkat Nasional Paralegal Justice Award 2024

03, June 2024 - 12:57 PM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI - Prestasi gemilang diraih oleh Zaiwan, yang merupakan Kepala Desa (Kades) dari wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yakni Desa Namang, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Zaiwan, salah satunya Kepala Desa dari 12 utusan Kepala Desa/Kelurahan yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil meraih anugerah tersebut di tingkat nasional dalam ajang Paralegal Justice Award 2024 

Pada malam Anugerah Paralegal Justice Award 2024 yang dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (1/6/2024), Zaiwan dianugerahkan sebagai Kepala Desa Top Favorit Publik Tahun 2024. Atas capaian tersebut ia pun menyabet 3 Penghargaan sekaligus dari 6 Kategori yaitu Paralegal Justice Award, Anubhawa Sasana Jagaddhita, serta meraih gelar Non Litigation Peacemaker. 

Diketahui, dalam penganugerahan ini, ada sebanyak 300 Kepala Desa/Lurah menjadi peserta setelah melalui seleksi 1.067 pendaftar dari 34 Provinsi di Indonesia, untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri mengirimkan 6 wakil Kepala Desa/Kelurahan.

Kepala BPHN Kepala BPHN, Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang sudah mendukung terlaksananya rangkaian acara Paralegal Justice Awards 2024 mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

"Terimakasih kepada kepala desa dan lurah yang sudah berperan dalam upaya menciptakan perdamaian serta memajukan pariwisata, investasi dan pembukaan lapangan kerja di wilayahnya masing-masing," ujarnya dalam pembukaan malam peganugerahan tersebut.

Prov. Dr. Widodo Ekatjahjana berpesan Paralegal Justice Award bukan lah merupakan ajang perlombaan menang atau kalah, melainkan wadah dalam memotivasi kepala desa/lurah dalam memberikanpelayanan hukum non litigasi sebagai implementasi hadirnya negara ditengah masyarakat.

"Ajang ini bukan merupakan perlombaan menang atau kalah, melainkan wadah dalam memotivasi kepala desa/lurah dalam memberikan pelayanan hukum non litigasi sebagai implementasi hadirnya negara ditengah masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Namang, Zaiwan menyampaikan rasa bahagia dan bangganya telah berbuat untuk daerahnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan mewakili Bangka Belitung dari 303 Kades/Lurah se Indonesia.

"Alhamdulillah, saya selaku Kepala Desa Namang yang mewakili Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung berhasil menoreh penghargaan dari enam kategori, saya berhasil mempersembahkan 3 penghargaan untuk Bangka Belitung," ujarnya.

"Memang paralegal justice memang seluruh dari 12 Desa itu telah memperoleh gelar N.LP, dan yang tidak dimiliki dari yang lain adalah Anubhawa Sasana Jagaddhita dengan Hutan Pelawan dan wisata sawahnya," tambahnya.

Anubhawa Sasana Jagaddhita ini ada 2 Desa dari Bangka Belitung yang berhasil memperolehnya, yakni dari Desa Keciput (Belitung) dengan Mercusuarnya dan Desa Namang (Bangka) dengan Hutan Pelawan dan Wisata Sawahnya, dan ini masuk dalam 50 Besar Tingkat Nasional.

"dan Alhamdulillah saya berhasil menjadi peserta Terfavorit Publik Tahun 2024 untuk region 3 Sumatera, jadi ada 3 Penghargaan yang bisa dibawa pulangnya," imbuh Zaiwan. (Red)