Camping Ground Tikus Emas

APBD TA 2020, Pemprov Targetkan Pendapatan capai Rp 2,3 Triliun

09, September 2019 - 07:52 PM
Reporter : adithan
Paripurna penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Senin (09/09/2019).
Paripurna penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Senin (09/09/2019).

Bangka Terkini, Berita Bangka Belitung - Pangkalpinang --- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) targetkan pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2020 mencapai Rp 2,3 triliun lebih.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah dalam sambutannya pada saat Paripurna penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Senin (09/09/2019).

" Hal ini dikarenakan Pemprov Babel menyadari bahwa potensi pendapatan daerah merupakan pilar utama meningkatkan anggaran daerah, yang dikelola secara profesional, baik sumber daya manusia, regulasi maupun kelembagaannya," ungkapnya.

Selain target pendapatan, ditambahkannya belanja daerah juga dianggarkan sebesar Rp 2,5 triliun lebih meliputi belanja langsung Rp1,2 triliun lebih dan belanja tidak langsung mencapai Rp 1,3 triliun lebih. Sementara pembiayaan daerah dianggarkan sebesar Rp 230 miliar lebih.

" Besaran anggaran belanja daerah ini digunakan untuk mendanai urusan pemerintah konkuren (pembagian urusan pemerintahan antara pusat dan daerah sebagai dasar otonomi daerah) yang menjadi kewenangan daerah dan pelaksanaan tugas organisasi," terangnya.

Sedangkan belanja daerah diprioritaskan untuk mendanai urusan pemerintah wajib terkait pelayanan dasar melalui ketetapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan urusan pemerintahan pilihan. " Belanja daerah juga harus mendukung tercapainya lima prioritas pembangunan nasional sesuai potensi dan kondisi masing-masing daerah," ujarnya.

Lanjutnya, penyusunan APBD saat ini tetap berorientasi pada basis kinerja dengan pendekatan penganggaran yang mengutamakan hasil kinerja, termasuk pula pengukuran capaian targetnya mengedepankan transparansi, keterbukaan dan akuntabilitas, yang mengacu pada prinsip efisiensi, efektifitas, tepat guna dan tepat daya.

Terkait penyusunan RAPBD 2020 berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan umum anggaran dan prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) yang telah disepekati bersama dengan DPRD Babel pada 6 September lalu.

" Disamping masih sangat tergantung dengan dana transfer dari pemerintah pusat, sumber pendapatan lainnya dapat berasal dari optimalisasi PAD melalui pajak dan retribusi daerah," terangnya.

" Itu kita lakukan dengan tetap memperhatikan asas keadilan, ekonomis dan kepatutan sebagaimana diatur dalam UU No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi," lanjutnya.

Lebihlanjut, Dirinya menambahkan dengan semakin kompleksnya program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, menuntut kerja keras tanpa mengurangi sikap kehati-hatian dalam pelaksanaannya.

" Sikap tersebut sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," tutupnya.