Camping Ground Tikus Emas

Hadapi Musim Kemarau, Dinkes Kota Pangkalpinang Himbau Bahaya ISPA

09, September 2019 - 05:14 PM
Reporter : adithan
Foto : Ilustrasi (doc.google)
Foto : Ilustrasi (doc.google)

Bangka Terkini, Berita Bangka Belitung - Pangkalpinang --- Musim kemarau, Plt Kepala Dinas Kesehatan kota Pangkalpinang, Suriyanto himbau masyarakat untuk hati - hati terserang Infeksi Slauran Pernapasan Akut (ISPA).

" Kepada masyarakat kami menghimbau untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatannya di musim kemarau. Pasalnya, di Musim Kemarau ini banyak masyarakat yang terkena ISPA karena penyebabnya dari polusi seperti debu, asap, hingga kurangnya asupan gizi menjadi penyebabnya," ungkapnya kepada awak media, Senin (09/09/2019).

" ISPA ini keluhannya seperti batuk - batuk, pilek, ini paling banyak, maka dari itu penting untuk menjaga kesehatan," tambahnya.

Selain ISPA, ditambahkannya saat musim kemarau masyarakat juga perlu waspada dengan demam berdarah, karena biasanya hal ini jarang disadari warga. " Misalnya tempat atau lokasi bakal ditumbuhnya jentik nyamuk tidak pernah dibersihkan sehingga saat memasuki musim penghujan tumbuhlah bibit-bibit penyakitnya," terangnya.

" Sekarang (musim kemarau) memang belum, tapi perlu jadi perhatian warga, soal demam berdarah ini tumbuh dan berkembang biak di tempat-tempat genangan air, misal di kaleng sisa pakai yang dibiarkan tidak terurus," lanjutnya.

Lebih lanjut, guna mengantisipasi ISPA dan demam berdarah pihaknya telah membuat surat edaran agar masyarakat menjaga lingkungannya agar terhindar dari dua hal tersebut.

" Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu isinya, tujuannya untuk kesehatan kita dan masyarakat luas," tutupnya. (Asf)