Camping Ground Tikus Emas

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Ikut Panen Bawang Perdana di Desa Kulur

16, March 2020 - 05:40 PM
Reporter : adithan
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Ikut Panen Bawang Perdana di Desa Kulur, Senin (16/03/2020).
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Ikut Panen Bawang Perdana di Desa Kulur, Senin (16/03/2020).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Bangka Tengah --- Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh bersama Kelompok Tani (Poktan) Bina Harapan, Panen Bawang perdana di Desa Kulur, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (16/03/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh didampingi Kepala Dinas Pertanian, Sajidin, Kades Kulur, Ahmad Yani, Sekretaris Camat Lubuk Besar, Sahabudin, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Bina Harapan, Hendra, serta para Penyuluh Pertanian.

Diketahui, panen ini merupakan panen bawang pertama di Kulur untuk periode 2020 ini memiliki hasil rata-rata 10 ton per hektar yang dikelola Poktan Bina Harapan, dengan anggota sejumlah 10 orang, pengurus 3 orang ini mengelola ¼ hektar dan berhasil memanen 2 ton lebih bawang.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengimbau masyarakat, khususnya Poktan Bina Harapan agar bisa meningkatkan hasil pertanian dengan terus berkoordinasi bersama penyuluh mengenai tahapan produksi. Sehingga hasil panen mendatang bisa mencapai hasil yang lebih optimal.

" Selain koordinasi, penggunaan bahan bibit, anti jamur, pupuk, yang perlu diperhatikan, juga perlu adanya pengembangan kegiatan untuk meningkatkan pendapatan, misal mencoba beternak ikan. Silakan berkonsultasi dengan dinas terkait," ungkap Ibnu Saleh.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh juga mensosialisasikan penggunaan MA-11 sebagai alternatif pupuk yang hemat biaya dan juga membagikan bibit tanaman malada untuk mendukung produktifitas lada.

" MA-11 tolong dicoba, itu sangat menekan biaya produksi. Penyuluh harus selalu membina masyarakat untuk pengembangan produktifitas pertanian," tukasnya.

Lebih lanjut, Penyuluh Desa Kulur Linawati mengatakan bahwa faktor cuaca sangat mempengaruhi hasil panen. " Kebetulan sebelum panen, hujan selama seminggu, setiap hari berturut-turut. Hal ini mempengaruhi hasil panen. Ke depan diusahakan penguatan tanaman dengan tata kelola pupuk dan anti hama dengan lebih baik," tutup Lina. (*)