Camping Ground Tikus Emas

Bukan Tim Medis, Pemerintah, ataupun Komunitas, Netizen: Bisakah Saya Bantu Lawan Covid-19?

18, April 2020 - 07:47 PM
Reporter : adithan
Ilustrasi
Ilustrasi

Bangka Belitung - Bangka Terkini --- Bukan Tim Medis, Pemerintah, ataupun Komunitas, Netizen: Bisakah Saya Bantu Lawan Covid-19?

Merebaknya wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Indonesia sudah tak dapat terelakkan lagi. Kasus baru terus saja bertambah dari hari ke hari. Dalam rentang waktu sebulan sejak kasus pertama diumumkan sekitar awal Maret lalu, kini sudah terdapat lebih dari 2000 kasus Covid-19 yang ada di Indonesia.

Tim Medis sebagai garda terdepan telah berupaya sebaik mungkin untuk menangani para pasien positif virus Corona. Pemerintah juga sudah melakukan upaya terbaik untuk menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tak ingin ketinggalan, komunitas lokal dan nasional pun turut terjun dalam upaya pemberantasan virus menular ini. Lantas sebagai netizen atau masyarakat biasa yang bukan bagian dari tim medis, tidak masuk ke dalam struktur pemerintahan, dan bukan salah satu anggota dari komunitas yang ada, apakah kita bisa membantu pihak-pihak diatas dalam melawan Covid-19?

Tentu bisa!!!

Sejatinya ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam perang melawan virus Corona. Namun artikel ini hanya akan menginformasikan 3 hal yang dapat dilakukan sebagai upaya membantu seluruh pihak dalam pemberantasan Covid-19. Berikut 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk turut serta mengusir virus menular tersebut dari Indonesia.

1. Berdiam Diri di Rumah
Berdiam diri di rumah merupakan salah satu anjuran pemerintah untuk semua golongan masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran. Hal ini juga dapat dikategorikan sebagai social distancing atau menjaga jarak antara orang yang satu dengan lainnya dalam upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.
#Dirumahaja merupakan salah satu bentuk bantuan terkecil yang dapat dilakukan karena dengan tetap berdiam diri di rumah, kita dapat membantu pemerintah dalam menekan jumlah kasus yang terus bertambah setiap harinya. Hal ini juga tentu dapat membantu tim medis yang semakin kewalahan karena membludaknya jumlah pasien positif Corona akibat dari beberapa oknum 'bandel' yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah.
Maka dari itu dengan tetap berdiam diri di rumah kamu telah berpartisipasi dalam upaya membantu berbagai pihak untuk melawan Covid-19.

2. Berdonasi
Jika dirasa dengan berdiam diri saja tidak memuaskan hasratmu untuk membantu dan disaat bersamaan kamu memiliki uang lebih, maka sisihkan uang tersebut untuk disumbangkan atau didonasikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti tim medis yang kekurangan Alat Pelindung Diri atau APD dalam menangani pasien, orang-orang yang kehilangan sumber penghasilan hariannya seperti para pengojek, dan semua pihak yang untuk makan pun begitu sulit karena merebaknya wabah Corona.
Jika sudah menetapkan hati untuk berdonasi tetapi  tidak tau kemana harus menyumbangkan uangmu tersebut, kamu dapat mengunjungi media sosial komunitas-komunitas bersangkutan seperti Aksi Cepat Tanggap atau ACT, Dompet Dhuafa, dan lain-lain.

Dengan melakukan donasi, secara tak langsung kamu sudah turut membantu berbagai pihak dalam melawan Covid-19.

3. Dirumah Aja
Menuruti Anjuran Pemerintah dan Tidak Menyebar Berita Hoax
Selain anjuran untuk berdiam diri di rumah atau yang lebih dikenal dengan hastag #Dirumahaja, ada begitu banyak anjuran lainnya yang ditulis dan disebarluaskan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam upaya memberantas virus Corona. Salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun sebelum memasuki rumah, makan, memegang wajah, dan lain-lain.

Dengan banyaknya surat edaran dan pengumuman dimasa pandemi Covid-19 seperti yang tersebut di atas, hal ini kemudian memunculkan celah bagi oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax dikalangan masyarakat yang akhirnya akan memicu kepanikan berkepanjangan.

Oleh karena itu, sebagai pengguna aktif maupun pasif media sosial, kamu harus bisa memilah serta memilih berita yang akan disebarluaskan ke pengguna lainnya.

Cobalah untuk selalu mengkonfirmasi kebenaran sebuah berita disetiap kamu selesai membacanya kepada pihak yang berwenang atau pihak bersangkutan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pembuat berita dan pembaca.

Itulah 3 hal yang dapat kamu lakukan dalam rangka membantu berbagai pihak membasmi virus Corona di Indonesia.

Sejatinya ada banyak hal yang tentu saja dapat kamu lakukan selain daripada tiga hal tersebut karena dimasa pandemi seperti sekarang ini, bantuan sekecil apapun tentu akan sangat dibutuhkan. Namun diatas segalanya dan yang paling terpenting adalah kamu harus menanyakan sebuah pertanyaan kepada dirimu sendiri: Apakah kamu mau melakukannya?

Oleh: Nadhilah Nur Shabrina (Mahasiswi Sastra Inggris FISIP UBB)