Camping Ground Tikus Emas

Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Beras Lokal

05, August 2020 - 05:11 PM
Reporter : A Abu Bakar
Beras Lokal Bangka
Beras Lokal Bangka

Bangkaterkini.id – Memilih bahan pokok untuk dikonsumsi bersama keluarga merupakan suatu hal yang penting karena banyak macam penyakit yang ada bersumber dari bahan – bahan pengawet yang terkandung pada makanan, salah satu kebutuhan pokok yang wajib kita seleksi yaitu beras karena beras merupakan kebutuhan pokok yang di konsumsi setiap hari.

Berikut dampak buruk yang terjadi jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet buatan :

  1. Perubahan perilaku

    Makanan Berpengawet yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan perubahan perilaku, terutama pada anak. Menurut Archives of Disease in Children, dalam penelitian double blind tahun 2003 terhadap 1.873 anak-anak, konsumsi makanan dengan tambahan bahan pengawet menyebabkan peningkatan perilaku hiperaktif.
  2. Kerusakan jantung dan pembuluh darah

    Studi oleh InChem menunjukkan bahwa pengawet makanan dapat melemahkan jaringan jantung, yang cepat atau lambat dapat menyebabkan kerusakan jantung. Hal ini dibuktikan pada penelitian dengan tikus yang diberikan pengawet makanan tingkat tertinggi.

    Parahnya, salah satu bahan pengawet juga dituding dapat merusak pembuluh darah dengan membuat arteri cenderung mengeras dan sempit. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung atau serangan jantung di kemudian hari. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa jenis bahan pengawet tertentu juga dapat menyebabkan penyakit diabetes.
  3. Pemicu asma

    Makanan berpengawet diduga bisa memicu kambuhnya asma pada penderita asma, terutama jika kondisi mereka tidak sedang dalam keadaan prima.
  4. Kanker

    Salah satu efek berbahaya yang paling serius dari bahan pengawet dalam makanan adalah kemampuan mereka untuk berubah menjadi zat karsinogen, yang merupakan senyawa penyebab kanker.

Diketahui bahwa komponen bahan pengawet yang bersifat demikian adalah nitrit dan nitrat. Karena itu, Anda perlu mengontrol diet untuk menghilangkan nitrat dan nitrit dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari

Agar terhindar dari dampak buruk diatas, ada baiknya memilih untuk mengkonsumsi beras lokal, karena sudah pasti beras tersebut merupakan beras yang bebas dari pengawet karena tidak di simpan lama dan alur distribusinya juga cepat.

Yang lebih jelas lagi, kita tau asal usul beras tersebut ibarat kata tidak beli kucing dalam karung, karena banyak beras yang beredar di pulau Bangka pada khususnya hanya tertulis “dikemas oleh perusahaan apa” tetapi tidak di jelaskan beras tersebut dari daerah mana.  

 

Sumber Referensi danpak buruk : Klikdokter.com