Camping Ground Tikus Emas

Menyelam Bersama Habitat Ikan-ikan Centil Ini Di Belitung

08, January 2018 - 03:15 AM
Reporter : Viki Saputra
Dokumentasi (Ogut/Belitung/04/01/2018) Kebabelyuk.Com
Dokumentasi (Ogut/Belitung/04/01/2018) Kebabelyuk.Com

Jika anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke Belitung, maka jangan sia-siakan kesempatan itu untuk melakukan berbagai kegiatan seru seperti snorkeling. Selain pantai, dunia bawah laut di perairan Belitung sangat indah karena airnya juga super jernih. 

Beberapa jenis ikan banyak dijumpai di berbagai sport snorkling Pulau Lengkuas salah sepertinya Ikan badut (Clownfish) dan ikan Scissortail sergeant.

Scissortail sergeant merupakan nama umum dari ikan spesies Abudefduf sexfasciatus yang merupakan ikan yang hidup di air laut yang memiliki kedalaman yang dangkal. Ikan Scissortail sergeant tergolong dalam famili Perciformes yang salah satu ciri-cirinya adalah sirip perut berada di abdomen.

Memiliki 1 sirip punggung, sirip dubur, sepasang sirip dada, bentuk sirip ekor bercagak. warna kepala dan tubuh putih hanya saja terdapat belang-belang warna hitam tiap lobus, bentuk tubuh pipih, pada sirip ekor terdapat 1 belang hitam. Habitat spesies Scissortail sergeant pada umumnya di kedalaman laut yang dapat dijangkau matahari dan terdapat terumbu karang.

Spesies:
Abudefduf sexfasciatus

Nama Local:
Scissortail sergeant (Ikan habitat Karang)

Nama Latin:
Abudefduf sexfasciatus

Habitat:
Air Laut

Distribusi:
Indo-Pasifik

Manfaat/Keunikan:
memiliki warna dan bentuk sirip menyerupai Zebra