Camping Ground Tikus Emas

Guna Mensukseskan Pemilu 2019, KPU Bangka Gencarkan Program GMHP

19, October 2018 - 01:29 AM
Reporter : adithan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka membuat posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka membuat posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Bangka Terkini, Sungailiat --- Guna menyempurnakan Data Pemilih Tetap (DPT), serta mengantisipasi data pemilih yang bermasalah dan memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar secara valid menjadi pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka membuat posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Posko Layanan GMPH ini sejak tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober 2018. Posko ini berada di kantor KPU Bangka, Sekretariat PPK serta di 81 Kantor Desa/Kelurahan yang berada di Kabupaten Bangka.

M.Hasan, Divisi Perencanaan dan Data KPU Bangka mengharapkan partisipasi aktif masyarakat dalam memastikan namanya terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 17 April 2019 nanti, " Masyarakat bisa mengecek namanya sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum dengan mendatangi petugas kami di posko layanan GMHP di daerahnya masing-masing" pungkasnya.

Lanjutnya, KPU Bangka juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka terkait rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten mengenai verifikasi penduduk yang berusia di atas 70 tahun. Hasilnya ditemukan sekitar 35 orang yang sudah meninggal dunia dan telah dikeluarkan dari DPTHP 1.

Selain itu KPU Bangka juga mengadakan posko layanan GMHP keliling pada beberapa tempat yang di anggap strategis serta ramai di kunjungi masyarakat. Dari pantauan Bangka Terkini, pada Kamis (18/10/2018) kemarin, tampak petugas posko melayani masyarakat di Puskesmas Riau Silip dan Halaman Mini Market Alfa Gemilang Desa Riau.

Kegiatan yang langsung dimonitoring oleh Komisioner KPU Bangka, Iman Supiar ini dikunjungi oleh banyak warga dengan menunjukkan KTP elektronik kepada petugas.

" Dari hasil monitoring kami, masih ditemukan masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih. Kami telah mengambil langkah agar nama mereka segera dimasukkan kedalam daftar pemilih sehingga bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 nanti " ujar Iman

" Masyarakat yang memeriksa namanya di posko layanan GMHP ini mendapatkan souvernir kenang-kenangan berupa Mug cantik dari petugas," tambahnya yang didampingi Ketua PPK Riau Silip Meggi dan Ketua PPS Riau Ismul Azam.

Selain di dua tempat tersebut, sebelumnya KPU Bangka telah membuka posko layanan GMHP keliling di Kantor Dinas Dukcapil Bangka, Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali, Pusat Perbelanjaan Puncak Belinyu serta berbagai tempat wisata.

" Masyarakat juga bisa menggunakan androidnya untuk mengecek namanya di aplikasi KPU RI Pemilu 2019 atau website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dan segera melaporkan kepada PPS, PPK atau KPU kabupaten Bangka apabila belum terdaftar," himbaunya.