Camping Ground Tikus Emas

KPU Kab. Bangka, Gelar Kursus Singkat Kepemiluan

07, October 2018 - 09:09 PM
Reporter : adithan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, menggelar Kursus Singkat Kepemiluan yang bertempat di Gedung Serbaguna KPU Bangka, Sabtu (06/09/2018).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, menggelar Kursus Singkat Kepemiluan yang bertempat di Gedung Serbaguna KPU Bangka, Sabtu (06/09/2018).

Bangka Terkini, Sungailiat --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, menggelar Kursus Singkat Kepemiluan yang bertempat di Gedung Serbaguna KPU Bangka, Sabtu (06/09/2018).

Kursus ini dihadiri 25 orang yang mewakili seluruh Desa atau Kelurahan yang ada di Kecamatan Sungailiat. Pembukaan kursus singkat kepemiluan ini dihadiri oleh Komisioner KPU Bangka, Harly Juniarsah, Siti Aminah, dan Iman Supiar, serta hadir juga Sekretaris KPU Bangka Basuni serta Ketua PPK Sungailiat Bustari.

Dalam sambutannya, Komisioner Divisi Hukum KPU Bangka, Harly Juniarsah menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk membekali para peserta dengan ilmu kepemiluan agar kedepannya bisa menjadi mitra KPU Bangka, baik sebagai KPPS, PPS, atau PPK.

" Peserta dibekali berbagai pengetahuan tentang Kepemiluan serta dibagi menjadi beberapa kelompok," ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan materi tentang hukum dan kode etik dalam penyelenggaraan pemilu, serta menyampaikan tentang dasar-dasar hukum dalam penyelenggara pemilu hingga pembagian daerah pemilihan (Dapil) untuk Kabupaten Bangka.

Dilanjutkan penyampaian tentang logistik kepemiluan oleh Iman Supiar, Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Bangka, mengatakan Para Peserta di ajak memahami logistik yang akan digunakan pada Pemilu, mulai dari surat suara,kotak maupun bilik suara hingga tinta yang digunakan di setiap TPS.

" Peserta juga diberikan kuis tentang kepemiluan serta melakukan simulasi pemungutan suara di TPS dengan melibatkan peserta kursus sebagai petugas KPPS, saksi, pengawas TPS maupun masyarakat yang menggunakan hak pilih," terangnya.

Lebih lanjut, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Siti Aminah menyampaikan bahwa Kursus Singkat Kepemiluan ini akan dilaksanakan 4 (empat) kali pada tahun ini dengan total peserta 100 orang.

" Peserta kursus adalah masyarakat yang diharapkan akan menjadi penyelenggara pemilu pada masa mendatang. Kami mengutamakan anak muda serta masyarakat yang belum mempunyai pengalaman menjadi penyelenggara pemilu sebagai peserta kursus," tutupnya.