Camping Ground Tikus Emas

Kodim 0431/Bangka Barat Resmi Terbentuk, Pangdam Sriwijaya 'Tetap Siap dan Respon, Antisipasi Potensi Konflik'

13, December 2018 - 03:58 PM
Reporter : adithan
Peresmian Kodim 0431/Bangka Barat, Rabu (12/12/2018).
Peresmian Kodim 0431/Bangka Barat, Rabu (12/12/2018).

Bangka Terkini, Muntok --- Melalui upacara militer, Kodim 0431/Bangka Barat resmi didirikan. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kasdam II / Sriwijaya, BrigjenTNI Syafrial, psc, M. Tr(Han), di Makodim 0431/BB  di Komplek Perkantoran Terpadu  Pemda Babar Jalan Daya Baru Belo Laut Pal 4 Muntok, Rabu (12/12/2018).

Usai upacara, peresmian pun dilaksanakan dengan penekanan tombol dan pembukaan selubung papan nama satuan oleh Kasdam didampingi Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Dadang Arif Abdurahman, didampingi oleh Forkopimda Provinsi Kepulauan Babel dan Forkopimda Pemkab Bangka Barat.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, melalui Brigjen TNI Syafrial, psc, M. Tr(Han) dalam amanatnya mengatakan selaku Pangdam dan mewakili TNI AD menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bupati Bangka Barat dan jajarannya, Ketua DPRD beserta segenap anggota Dewan para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta seluruh masyarakat Bangka Barat yang telah memberikan dukungan, bantuan dan kerja sama yang baik mulai dari penyiapan markas Kodim hingga peresmian semua berjalan dengan baik, lancar dan sukses.

Dengan Luas wilayah Kabupaten Bangka Barat 2.820,61 Km² dan segenap dinamika kehidupan masyarakat, tentu menjadi tantangan bagi Kodim 0431/Bangka Barat dalam melaksanakan pembinaan Teritorial diwilayahnya.

" Dengan diresmikannya Kodim 0431/Bangka Barat maka prajurit Kodam II/Sriwijaya yang berdinas di wilayah ini
akan semakin fokus dan lebih optimal menjalankan tugas-tugasnya dalam rangka pemberdayaan wilayah Darat dan membantu kesulitan rakyat sekelilingnya. Harap Pangdam II / Sriwijaya.

Menurut Kodam II/Sriwijaya, pemekaran Satuan Kodim 0431/Bangka Barat sangat berguna untuk efesiensi rentang komando dan kendali sekaligus meningkatkan kesiapan operasional TNI AD dalam merespon setiap kemungkinan terjadinya dinamika di wilayah.

" Meskipun baru dibentuk, jangan jadikan hambatan dan kendala, tapi jadikan sebuah peluang dan tantangan untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan kreativitas sehingga tugas-tugas kewilayahan dapat dilaksanakan secara optimal," tegasnya.

Dirinya pun berharap, tetap Laksanakan pembinaan satuan dan teritorial secara intensif guna mewujudkan kondisi satuan dan profesionalisme prajurit yang sekaligus mampu mendukung  tugas-tugas Pemerintah Daerah.

" Cermati setiap perkembangan situasi dan lakukan langkah-langkah pemetaan serta antisipasi terhadap potensi timbulnya konflik dengan tetap bersinergi bersama-sama dengan unsur Polri atau instansi yang terkait," perintahnya.