Camping Ground Tikus Emas

Tabungan Akhirat, Kartuna Desa Petaling Banjar Buka Posko 'Gaspalas Berbagi'

19, May 2019 - 11:04 PM
Reporter : adithan
Foto : doc
Foto : doc

Bangka Terkini, Mendo Barat --- Kehadiran Bulan Ramadhan selalu menyuguhkan semangat berbagi  yang luar biasa dari masyarakat. Begitu pula dengan pengurus Karang Taruna Gaspalas (Kartuna Gaspalas) Desa Petaling Banjar, yang pada Ramadhan kali ini kembali membuka posko berbagi yang bertujuan memfasilitasi dan membangkitkan semangat sedekah dan berbagi kebahagiaan di bulan yang penuh berkah ini.

Ilham Fadilah, Ketua pelaksana kegiatan Ramadhan Berbagi 1440 H menyampaikan bahwa aksi mereka tahun ini dinamai "Tabungan Akhirat". Kegiatannya dilaksanakan setiap hari di depan masjid Al- Istiqomah Petaling.

" Alhamdulillah, setiap hari selama bulan ramadhan kita membagikan takjil untuk 8 masjid dan musholla yang ada di desa Petaling dan Petaling Banjar. Kita juga membuka posko untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bersedekah dan berbagi setiap harinya. Antusias masyarakat cukup baik, sekarang dana yang terkumpul sebesar Rp 11.045.000 dan insya Allah akan terus bertambah " ujar ilham yang ditemui Bangka Terkini, Minggu (19/05/2019).

Lanjut Ilham juga mengatakan bahwa nantinya dana yang terkumpul akan dibagi ke dalam 3 kegiatan, yakni santunan dan buka puasa bersama untuk anak yatim yang ada di desa Petaling dan Petaling Banjar, pembagian sembako untuk dhuafa yang ada di Desa Petaling Banjar serta santunan sembako dan pakaian ke Panti Asuhan yang berada di Pangkalpinang.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Gaspalas, Meru menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap Ramadhan tiba. Selain kegiatan Ramadhan Berbagi tersebut, juga ada rangkaian kegiatan lomba, diantaranya lomba kaligrafi ,da'i cilik, hadrah, MTQ  yang diselenggarakan di Masjid Al- Istiqomah dan nanti terakhir akan ditutup dengan takbir keliling. " Sebelumnya kami juga telah menggelar pawai ta'aruf menyambut datangnya Ramadhan yang diikuti berbagai kalangan masyarakat," terangnya.

Meru menambahkan, khusus untuk hari Minggu (18/05/2019), Karang Taruna Gaspalas menggelar kegiatan sholawat amal peduli Rodatul Nurjanah, penderita penyakit kanker nasopharynx, yang dilaksanakan di depan Masjid Raya Al- Istiqomah Mendo Barat ini dengan menampilkan Hadroh Musafir Bangka.

" Semoga Kegiatan-kegiatan ini bisa meningkatkan keimanan masyarakat, khususnya bagi pengurus Karang Taruna Gaspalas selaku generasi penerus bangsa," harapnya.

Sementara itu, Sekdes Petaling Banjar, Mulkan menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya atas kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak muda ini seraya berharap kegiatan ini merupakan momentum peningkatan kualitas ibadah serta kepedulian terhadap sesama.

" Alhamdulillah antusias masyarakat, donatur dan pengguna jalan pada kegiatan ramadhan berbagi tahun ini semakin meningkat, ini menjadi momentum bahwa setelah Ramadhan berlalu, kepedulian kita terhadap sesama terutama untuk anak yatim piatu dan kaum dhuafa harus tetap terjaga," tutup Mulkan.