https://i.ibb.co/HYYcnhk/Whats-App-Image-2020-05-14-at-9-22-21-PM.jpg

Tips Backpackeran di Bangka

A Abu Bakar
Tips Backpackeran di Bangka
Doc. Google

Bangkaterkini.id – Banyak orang yang berimpian untuk menjelajah Pulau Bangka khususnya bagi orang orang yang hobi traveling atau jalan – jalan, apalagi semakin banyaknya masyarakat yang sudah familiar dengan sosial media baik itu facebook, instagram dan lainnya, sehingga semakin banyak juga desinasi – destinasi di pulau Bangka yang ter expos ke banyak orang. Saat ini banyak foto – foto destinasi wisata yang ada di pulau Bangka yang sangat sering muncul di sosial media, Danau Kaulin , Pantai Tanjung Pesona dan destinasi lainnya yang banyak di publis oleh masyarakat yang sudah mengunjungi destinasi tersebut.

Ada beberapa hal yang akan kami ulas pada artikel ini mengenai Tips Backpackeran di Pulau Bangka agar anda yang akan merencanakan menjelajah Pulau Bangka akan menjadi lebih mudah.

Akses menuju Pulau Bangka

Pulau Bangka adalah pulau yang terpisah dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, bearti akses yang bisa di gunakan adalah dengan Pesawat atau Kapal Laut.

Via Pesawat

Pulau Bangka yang mana merupakan kota Provinsi Bangka Belitung, di Pulau Bangka sendiri terdapat 4 kabupaten dan 1 kota madya di Pulau Bangka sendiri hanya memiliki 1 satu bandara yang dinamakan Bandara Depati Amir Pangkalpinang atau biasanya di tulis di sistem reservasi tiket umumnya PGK, ada banyak pilihan maskapai untuk tujuan Pangkalpinang ada Garuda Indonesi, Sriwijaya Air, Nam Air, Lion Air dan Wings Air, penerbangan yang langsung menuju kota Pangkalpinang yaitu dari Jakarta, Palembang, Batam, Bandung, Jogja dan Belitung, selain dari kota – kota yang kami tulis tadi harus transit dahulu. Bandara Depati Amir Pangkalpinang terletak tidak jauh dari Kota Provinsi walaupun secara teritorialnya sudah masuk dalam area Kabupaten Bangka Tengah tetapi lebih dekat dengan Kota Pangkalpinang yang mana merupakan ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jika anda memilih untuk stay petama pilihlah stay di Kota Pangkalpinang, sebelum anda melanjutkan penjelajahan berikutnya, maksudnya mempersiapkan hal – hal yang lain seperti kendaraan yang akan mempermudah perjalanan anda kamana – mana.

 

Via Kapal Laut

Karena Pulau Bangka memiliki 4 kabupaten dan 1 kota maka Pulau Bangka juga memiliki banyak Pelabuhan tetapi hanya ada beberapa saja yang bisa di sandar oleh kapal fery atau kapal penumpang lainnya, berikut daftar nama pelabuhan dan detil aksesnya ke kota lainnya :

  • Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok

Pelabuhan Tannjung Kalian Mentok merupakan pelabuhan penumpang yang berada di barat pulau bangka, kapal – kapal yang bersandar di pelabuhan ini hanyalah kapal – kapal dari Sumatera khususnya Palembang Baik it dari Pelabuhan Bom Baru atau pun dari Pelabuhan Tanjung Si Api – api, pelabuhan Bom Baru hanya melayani kapal cepat atau jetfoil sedangkan Pelabuhan Tanjung Si Api – api khusus kapal Angkut kendaraan dan Orang, tetapi saat ini maret 2020 jetfoil yang dari Pelabuhan Boom Baru hanya berangkat 3 tiga kali dalam 1 satu minggu yaitu di hari Senin, Rabu dan Jumat, Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Si Api – Api keberangkatan kapalnya setiap hari, bahkan keberangkatannya ada setiap 2 dua jam 1 satu kapal tergantung dengan cuaca dan kepadatan pelabuhan. Harga tiket jetfoil kisaran Rp 190.000,- sampai Rp 235.000,- per orang sedangkan harga tiket kapal fery khusu penumpang Rp 40.000,- dan untuk mobil tipe A atau mobil keluarga dengan kapasitas 5 lima orang dikenakan biaya sebesar Rp 785.000,- per mobil.

Jika anda turun menggunakan kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok maka anda bisa memulai penjelajahan dari kota Mentok atau bisa ke Kota Pangkalpinang dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2 dua jam 30 tiga puluh menit.

Biasanya para bacpackeran yang turun di Pelabuhan Mentok jika ingin langsung ke Kota Pangkalpinang bisa menggunakan Transportasi Umum seperti Bus antar kota dan biasanya juga ada yang sudah standbay di pelabuhan sebelum kapal sandar, biayanya saat ini hanya Rp 70.000,- tujuh puluh ribu rupiah per orang untuk armada yang AC dan untuk armada Bus Non AC hanya Rp 55.000,- Lima puluh lima ribu rupiah per orang.

 

  • Pelabuhan Tanjung Ruh Belinyu

Akses kapal laut bisa juga melewati daratan utara Pulau Bangka yaitu kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, biasanya kapal – kapal yang sandar di Pelabuhan Tanjung Ruh Belinyu ini adalah kapal fery khusus penumpang dari Tanjung Periuk Jakarta, biasanya kapal tersebut hanya transit untuk mengangkut penumpang ke Pelabuhan Kijang Riau. Untuk Biaya dan jadwal tidak pasti tergantung di jadwal rotasi kapal anda bisa langsung menghubungi PELNI di daerah anda untuk mendapatkan informasi menganai layanan kapal laut dengan tujuan Tanjung Ruh Belinyu Bangka.

Jika anda menggunakan kapal laut dari Tanjung Periuk Jakarta yang sandar di pelabuhan Tanjung Ruh Belinyu ini jika anda ingin langsung menuju kota Pangkapinang anda akan menempuh perjalan kurang lebih 2 dua jam perjalanan dengan menggunakan Bus Angkutan Umum jika kapalnya sandar di siang hari, tetapi jika kapalnya sandar di malam hari terpaksa anda ikut mobil travel pribadi jika ada ataupun kami rekomendasikan untuk menginap terlebih dahulu di Kota Belinyu setra langsung saja untuk ke esokan harinya anda mengexplore daerah Belinyu karena banyak juga Pantai yang bagus dan kulinerkhas seperti otak – otak dan Pantiaw Belinyu yang wajib anda cicipi jika sudah di Belinyu.

  • Pelabuhan Sadai Toboali

Sama seperti halnya pelabuhan Tanjung Ruh Belinyu, ada juga Pelabuhan Sadai Toboali, hanya saja bedanya jika di pelabuhan Tanjung Ruh Belinyu kapalnya kapal fery khusus penumpang yang dimiliki PELNI sedangkan di Pelabuhan Sadai Toboali kapal – kapalnya adalah jenis kapal roro angkutan kendaraan dan penumpang yang di opersionalkan oleh ASDP seperti di Pelabuahan Tanjung Kalian Mentok.

Biasanya kapal – kapal yang sandar di Pelabuhan Sadai Toboali adalah kapal dari Tanjung Periuk Jakarta yang akan transit ke Belitung.

Untuk jadwalnya tidak setiap hari saat ini hanya 3 tiga kali dalam satu minggu, hari Senin, Rabu dan Jumat.

Jika memilih akses kedatangan dari Pelabuhan Sadai Toboali ini maka untuk ke Pusat Kota Pangkalpinang anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 dua jam 30 tiga puluh menit, atau pilihannya anda bisa stay dahulu di kota toboali yang jaraknya kurang lebih 45 empat puluh lima menit dari Pelabuhan Sadai dan bisa langsung meng explore Toboli dahulu.

  • Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang

Pelabuhan Pangkalbalam ini adalah satu – satunya pelabuhan yang ada di Kota Pangkalpinang, biasanya kapal – kapal yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam ini adalah kapal dari Tanjung Periok Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung. Bisanya kapal yang dari Tanjung Periok Jakarta adalah jenis kapal roro yang bisa angkut kendaraan bermuatan serta orang sedangkan kapal yang dari Belitung ada 2 dua tipe ada kapal Roro dan juga kapal Jetfoil atau kapal cepat penumpang.

Lama perjalanan laut yang di tempuh dari Pelabuhan Tanjung Periuk Jakarta ke Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang ini kurang lebih 24 dua puluh empat jam tergantung dengan cuaca, sedangkan jika mengunakan kapal jetfoil dari dan ke Belitung hanya menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 5 lima jam.

Jika anda memilih akses kedatangan di Pelabuhan Pengkalbalam Pangkalpinang ini anda bisa langsung untuk mempersiapkan kebutuhan perjalanan anda seperti mencari akomodasi yang pas dan transportasi yang akan di gunakan selama menjelajah Pulau Bangka, karena di Pangkalpinang semua lengkap, jika da ingin menginap di Homestay yang murah ada dan biasanya homestay tersebut juga melayani sewa motor harian.

 Sebetulnya masih ada beberapa pelabuhan yang tidak kami sampaikan di atas karena pelabuhan lain hanya biasanya di gunakan untuk kapal angkutan barang.

 

Wajib sewa motor atau mobil

Banyak wisatawan bacpacker yang salah memplanningkan jenis transportasinya yang akan di gunakan di Pulau Bangka, Bangka tidak sama seperti daerah wisata lain yang pada umumnya memiliki banyak angkutan umum, kami tidak merekomendasikan jika anda ingin menggunakan angkutan umum untuk berwisata, karena pada umunya angkutan umum di Bangka beroperasionalnya hanya sampai sore tapi saat ini sudah sedikit terbantu karena ada angkutan taxi dan ojek online yang kapan pun ada, tetapi jika anda menggunakan taxi atau ojek online anda akan banyak menghabiskan biaya, karena belum tentu daerah yang akan anda kunjungi ada taxi atau ojek online yang stanby, jadi kami sangat merekomendasikan untuk menyewa kendaraan baik itu motor ataupun mobil, biasanya Homestay yang ada di Kota Pangkalpinang juga menyediakan sewa Motor atau Mobil buat tamunya.

 

Kunjungi Destinasi Wisata yang searah

Banyak wisatawan bacpacker yang tidak jelas tujuannya kemana yang pada akhirnya membuatnya seperti seterikaan mundur maju tanpa arah. Di Bangka daerah wisatanya kebanyakan saling berdekatan, misalnya daerah Sungailiat yang banyak pantai – pantai dan anda bisa mengunjunginya dalam satu hari jadi besoknya anda bisa mengunjungi destinasi di daerah lainnya.

 

Gunakan Provider Seluler Yang Tepat

Pasti setiap wisatawan bacpacker patokannya adalah google maps sebagai petunjuk arah, dan agar anda tidak tersesat ada baiknya untuk menggunakan provider yang jangkauannya luas di Pulau Bangka.

Gunakanlah Provider Telkomsel atau Xl karena kedua provider ini memiliki jangkauan jaringan hampir di seluruh Pulau Bangka, jadi pastinya tidak akan mengkin akan menyesatkan anda.

 

Gunakan Sun Block

Jika keseharian anda bekerja di ruangan AC atau tingga di daerah yang bersuhu dingin jangan kaget misalkan anda berwisata di Bangka, karena anda akan menikmati Panas yang lumayang dan pastinya akan merubah warna kulit anda, maka gunakanlah sunblock agar warna kulit anda tidak berubah jika pulang ke daerah asal.

 

Pilih durasi perjalanan minimal 3 hari

Untuk mengexplore setengah Pulau Bangka cukup lah jika anda memilih waktu hanya 3 tiga hari terhitung dari hari kedatangan di Kota Pangkalpiang, waktu minimal 3 tiga hari ini juga hanya cukup untuk anda yang menggunakan pesawat, jika anda menggunkan kapal laut paling siapkan waktu minimal 5 lima hari.

Dari beberapa tips di atas yang kami rangkum semoda bermanfaat bagi para pembaca, apabila ada kekurangan atau kesalahan informasi kami mohon untuk di maklumi, jika ada informasi yang salah atau kurang didalam tulisan diatas sekiranya anda dapat menginfomasikan di bagian kolom komentar.

 

Penulis : Ansori

 

A Abu Bakar
92 Titik TPS Liar, Kesadaran Masyarakat Minim
Berita Bangka

92 Titik TPS Liar, Kesadaran Masyarakat Minim

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota,

Disebut Mirip Anies Baswedan, Cawagub Irwansyah Diidolakan Emak -Emak
Video

Disebut Mirip Anies Baswedan, Cawagub Irwansyah Diidolakan Emak -Emak

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Muhammad Irwansyah, blusukan ke berbagai kabupaten,

Jelang Puasa dan Lebaran Waspada Produk Parsel Kedaluarsa
Pangkalpinang

Jelang Puasa dan Lebaran Waspada Produk Parsel Kedaluarsa

Pangkalpinang - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengimbau kepada masyarakat untuk teliti,

Bawaslu Babel, Gelar Sidang Perdana Dua Caleg DPD RI
Berita Bangka

Bawaslu Babel, Gelar Sidang Perdana Dua Caleg DPD RI

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu),

Pemkot Pangkalpinang Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah, Ini Pesan Mendagri Tjahjo Kumolo
Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Gelar Upacara Hari Otonomi Daerah, Ini Pesan Mendagri Tjahjo Kumolo

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, menggelar,

Ternyata Ini Identitas Jenazah Perempuan, Yang Ditemukan di Pantai Alew Koba
Bangka Tengah

Ternyata Ini Identitas Jenazah Perempuan, Yang Ditemukan di Pantai Alew Koba

Bangka Terkini, Koba --- Terungkap identitas jenazah perempuan yang,

Yendri Gemilang Tiada Hentinya Mengharumkan Nama Baik Babel
Berita Bangka

Yendri Gemilang Tiada Hentinya Mengharumkan Nama Baik Babel

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang --- Yendri Gemilang tiada hentinya berkarier untuk negeri tercintanya,,

Nature