Camping Ground Tikus Emas

Bawaslu Bangka Tengah Sambangi Pulau Nangka

07, August 2020 - 10:54 PM
Reporter : adithan
Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah gelar Forum Warga di Pulau Nangka Desa Tanjung Pura, Kamis (06/08/2020) kemarin.
Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah gelar Forum Warga di Pulau Nangka Desa Tanjung Pura, Kamis (06/08/2020) kemarin.

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH ---  Kegiatan Pengawasan Partisipatif Forum Warga kembali digelar oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah.

Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Panwaslu Kecamatan Sungaiselan di titik pulau terluar Kabupaten Bangka Tengah, yakni Pulau Nangka Desa Tanjung Pura pada Kamis, (06/08/2020) kemarin.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengatakan upaya meningkatkan angka partisipasi Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi yang lebih baik, khususnya di Kabupaten Bateng.

" Jika terdapat masyarakat yang belum terdata dalam daftar pemilih dan sudah memenuhi persyaratan, silakan laporkan kepada jajaran pengawas kami. Lebih dari itu, kami juga berharap peran aktif masyarakat dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada Tahun 2020 ini," ungkap Robi dalam sambutannya kepada masyarakat Dusun Pulau Nangka.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto menegaskan pengawasan partisipatif penting dilakukan, terutama dalam mengawasi pemilu di daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh pengawas pemilu. Apalagi, masyarakat merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi.

" Semoga kehadiran Bawaslu di Dusun Pulau Nangka Desa Tanjung Pura ini dapat meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi khususnya di Kabupaten Bangka Tengah." tegasnya.

Lebih lanjut, Pj. Kades Tanjung Pura, Carlos juga menyampaikan dengan adanya penjelasan seperti ini dari Bawaslu, tentu sangat membantu masyarakat kami dalam memahami pengawasan partisipatif. Selain itu, juga dapat menghindari dan meminimalisir terjadinya dugaan pelanggaran

" Terima kasih kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel dan Bawaslu Bateng yang sudah sudi hadir di dusun kami ini, walaupun harus ditempuh dengan susah payah," pungkasnya.

Pantauan awak media, hadir dalam kegiatan ini Pimpinan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Yulianto, Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto, Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Sungaiselan, Anggota PPK Kecamatan Sungaiselan, PKD Tanjung Pura, Kades Tanjung Pura, Kadus Dusun Pulau Nangka Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat di Dusun Pulau Nangka Desa Tanjung Pura Kecamatan Sungaiselan. (*/BOM)