Camping Ground Tikus Emas

Menuju PON XX Papua, Atlet Bangka Belitung Mulai Pelatda Terpusat

20, June 2021 - 08:57 PM
Reporter : adithan
Menuju PON XX Papua, Atlet Bangka Belitung Mulai Pelatda Terpusat
Menuju PON XX Papua, Atlet Bangka Belitung Mulai Pelatda Terpusat

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Dalam rangka persiapan dan kesiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX-2021 Papua, Komite Olahraga Nasional (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai melaksanakan Pemusatan Latihan Daerah (PELATDA) bagi para atlet.

Diketahui Kegiatan Pelatda ini, telah dimulai (20/06/2021) kemarin. Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi MA menjelaskan, Pelatda ini sangat penting dilakukan, pasca latihan mandiri yang dilakukan para atlet. 

"Kita tahu, bahwa karena pandemi COVID-19 ini, semua sektor termasuk olahraga terkena dampaknya.  Misalnya PON yang mestinya tahun 2020, ditunda hingga tahun ini.  Akibatnya, berbagai program KONI Babel untuk meningkatkan prestasi olahraga kita, juga harus  direncanakan ulang.  Dan setelah adanya kepastian pelaksanaan PON XX-2021 di Papua September-Oktober Nanti, maka baru kita bisa mantap untuk menggelar latihan terpusat bagi atlet kita," ujar Elfandi.

Dikatakan Elfandi, Tim Pelatda Babel telah mempersiapkan berbagai hal untuk pelaksanaan Pelatda ini. 
"Untuk ini, ada di dua lokasi yakni di Pangkalpinang dan Bangka Tengah.  Untuk base camp atlet dan pelatih serta Posko Panitia di Pangkalpinang berlokasi di LPMP Babel, di perkantoran Pemprov di Air Itam.  Sedangkan di Kabupaten Bangka Tengah, ada di Kota Koba," terang Elfandi sembari menyebutkan Pelatda Terpusat ini akan dilaksanakan selama 3 bulan.

Elfandi menyampaikan terimakasih atas dukungan penuh dari pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota, serta berbagai pihak lainnya kepada KONI Babel untuk kesuksesan kegiatan ini.   Karenanya Elfandi optimis Kontingan PON Babel dapat mengharumkan nama Negeri Serumpun Sebalai di ajang bergengsi tersebut.

“Banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam menggelar kegiatan keolahragaan selama masa pandemi Corona ini.  Namun kita optimis lebih baik dari PON sebelumnya. Mari kita kejar prestasi terbaik bagi Bangka Belitung,” tutupnya.

Ketua Tim Pelatda PON XX-2021 Papua Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yasir, menyampaikan, ada 15 Cabang Olahraga (Cabor) yang mengikuti Pelatda Terpusat di Pangkalpinang dan Koba.  Cabor-cabor tersebut yakni: Atletik, Panjat Tebing,  Sepakbola putri, Biliar, Tinju, Bola Voli Pasir, Selam, Pencak Silat, Sepak Takraw, Motorcross/Balap Motor, Taekwondo, Renang, Judo, dan Catur.

"Atlet yang ikut Pelatda di Bangka ini ada 55 atlet Orang dan 21 Pelatih.  Namun untuk diketahui, ada juga atlet kita dengan berbagai pertimbangan tetap mengikuti pelatihan di luar Babel seperti Basket, Binaraga, Menembak, Senam, Tenis dan Gulat.  Tentu hal tersebut tetap dalam pemantauan dan pengawasan kita," imbuh Yasir.

Ditegaskan Yasir, dalam pelaksanaan Pelatda ini, penerapan Protokol Kesehatan tetap diperhatikan.  "Salah satu upaya kita untuk menjaga keselamatan atlet, pelatih maupun tim panitia, maka  kemarin kita telah melaksanakan tes rapid antigen yang bekerjasama dengan Labkesda Babel," sebut Yasir.

Ia menambahkan, sejak kemarin, para atlet sudah diinapkan di LPMP Babel.  

"Kemarin atlet Sepakbola Putri yang sebagian besar dari Pulau Belitung, telah datang, Juga Sepaktakraw dari Palembang.  Demikian juga atlet cabor yang ada di Pangkalpinang, dan kabupaten lain di Bangka juga sudah masuk base camp.  Sedangkan  beberapa atlet atletik di Koba juga telah mulai diinapkan di salah satu penginapan di Koba," terangnya. (***)