Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Menjaga Privasi Bersama di Dunia Digital'

adithan
Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Menjaga Privasi Bersama di Dunia Digital'
Doc

BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA - Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kab. Bangka dilaksanakan kedua kali nya di bulan Juli 2021 Pada Sabtu, 17 Juli 2021 pukul 09.00-12.00 telah dilangsungkan, dengan bertemakan Menjaga Privasi Bersama di Dunia Digital.

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Kegiatan Literasi Digital Nasional ini yang menarik nya adalah sudah diresmikan langsung dengan Presiden RI yaitu Bapak Ir. Joko Widodo dan diikuti oleh 34 Provinsi di Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survey literasi digital yang kita lakukan bersama siber kreasi dan kata data pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam kontek sinilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI inimenjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar kali ini target peserta nya adalah segmen Guru TIK, Siswa SD dan SMP, dan Instansi swasta, sukses diikuti oleh 432 peserta. Hadir dan memberikan materi nya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Indra Samsie, S.Kom., M.Kom (Dosen dan Praktisi) Tampil sebagai Narasumber kedua yaitu Asrul Sani, S.T., M.Kom., M.T (Operational Manager PT. Mega Laras Lestari).

Sedangkan Narasumber ketiga yaitu pembicara lokal Septialioni, S.Kom (Sekretaris Relawan TIK Prov. Bangka Belitung) dan tampil sebagai pembicara keempat, Chandra Kirana, M.Kom(Dosen Ilmu Komputer Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur Pangkalpinang).

Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @seerasafira, News Presenter, Journalis Tv One, Moderator/MC dan Ghazy M Rizky tampil sebagai Moderator.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber, akan tetapi 3 pertanyaan yang menarik dan berkualitas yang akan terpilih.

Pertanyaan pertama yaitu Veris Juniardi mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama yaitu Indra Samsie, S.Kom., M.Kom mengenai Apakah Penggunaan Opensource OS maupun Application bisa menghindarkan kita dari sniffing dan phishing di dunia internet?

Pertanyaan kedua dari Ade Widiana yang bertanya kepada Narasumber kedua Asrul Sani, S.T., M.Kom., M.T terkait Sebaiknya bagaimana langkah yang harus kita ambil untuk melindungi data pribadi kita dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab?

Pertanyaan ketiga dari Intan Restu Andini yang bertanya kepada Narasumber ketiga yaitu Septialioni, S.Kom terkait Apabila sudah terlanjur menginput data pribadi pada aplikasi-aplikasi jejaring sosial, apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk menghapus data yang sudah terlanjur di input tersebut? apakah ketika menghapus akun, data juga akan ikut terhapus?

Pertanyaan terakhir dari Nilly Susanti ditujukan kepada narasumber keempat Chandra Kirana, M.Kom terkait Bagaimana cara dan tips yang mudah untuk mengubah pola kebiasaan yang apa-apa bergantung dengan gadget, sedangkan kita tahu bahwa gadget adalah sesuatu yang kita butuhkan apalagi di zaman yang sudah berkembang ini?

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidang nya. (Red*)

adithan
DPRD dan Pemprov Babel, Tandatangani MoU RKUA-PPAS APBD Perubahan 2019
Pangkalpinang

DPRD dan Pemprov Babel, Tandatangani MoU RKUA-PPAS APBD Perubahan 2019

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- DPRD Provinsi Kepulauan Bangka,

Peredaran Narkoba di Bangka Tengah, Sudah Sampai Pelosok Desa
Berita Bangka

Peredaran Narkoba di Bangka Tengah, Sudah Sampai Pelosok Desa

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Peredaran narkoba di,

Rusunawa Ditolak Warga, Ruang Isolasi Dialihkan Molen Ke Gedung LPMP
Berita Bangka

Rusunawa Ditolak Warga, Ruang Isolasi Dialihkan Molen Ke Gedung LPMP

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Setelah,

Dispora Pangkalpinang Akan Gelar Seleksi Atlet POPDA 2020 Tingkat Kota
Berita Bangka

Dispora Pangkalpinang Akan Gelar Seleksi Atlet POPDA 2020 Tingkat Kota

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Dinas Pemuda dan Olahraga,

Kado Dari BI, Laznas Yakesma Bahagiakan Yatim dan Dhuafa
Berita Bangka

Kado Dari BI, Laznas Yakesma Bahagiakan Yatim dan Dhuafa

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Lembaga Amil Zakat Yayasan Kesejahteraan,

Kisah Inspiratif Pembuat Game Online Sukses
Tekno

Kisah Inspiratif Pembuat Game Online Sukses

Bangkaterkini.com - Kim Dae il, pria asal Korea Selatan (Korsel),