Camping Ground Tikus Emas

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman : Udang Vaname mempunyai Potensi yang Besar

19, August 2021 - 10:34 AM
Reporter : adithan
Doc Bangka Belitung Terkini
Doc Bangka Belitung Terkini

PENULIS ILHAM FEBRY, BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH --- Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah bersama dengan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota, PLT Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bangka Belitung, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah serta Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Dapil Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bambang Patijaya, melakukan penebaran benur udang di tambak rakyat bertempat di Munjang Mangrove Desa Kurau Barat, Rabu (18/08/2021).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan, hari ini pihaknya perdana melakukan penebaran Benur udang Vaname di tambak rakyat Desa kurau barat dan akan menjadikan udang Vaname menjadi Komoditas Unggulannya.

" Potensi air laut yang ada di Bangka Tengah ini sangat mendukung melihat Kabupaten Bangka Tengah banyak di kelilingi oleh Pesisir, jadi potensi budidaya udang Vaname ini sangat berpotensi sekali, maka dari itu kita akan terus mengembangkan tambak rakyat dan akan menjadikan Bangka Tengah menjadi central tambak udang Vaname," ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, Insyaa Allah di bulan Maret 2022 nanti pihaknya akan membangun Hatcery yaitu tempat memproduksi benih mulai dari pemijahan sampai menjadi Larva atau pemijahan berlokasi di Desa Lubuk Besar serta menjadikannya sebagai penghasil benih udang Vaname di Bangka Tengah.

" Semoga dengan langkah langkah yang Pemkab Bateng lakukan ini seperti pembangunan Hatcery dan lain lainnya bisa memberikan masyarakat kesempatan sebagai mitra dalam pengembangan udang Vaname ini sehingga bisa membantu perekonomian di masyarakat," ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah Taufik menyampaikan, bibit benur ini langsung diambil dari Lampung  kurang lebih ada sebanyak 70 ribu benur yang kita tebarkan di tambak rakyat desa kurau barat ini.

" Tambak rakyat di Desa Kurau barat ini juga menjadi percontohan pembudidayaan udang Vaname di Bangka Tengah, setelah berhasil nanti akan kita terapkan ke yang lain nya, semoga dengan pembudidayaan udang Vaname ini perekonomian masyarakat menjadi terbantu, terutama karena harga jual udang Vaname ini tergolong tinggi sehingga perekonomian masyarakat menjadi lebih baik," pungkasnya. (BOM)