Camping Ground Tikus Emas

Bangka Belitung Kirim 5 Pelajar Terbaik ke LKS Nasional Angkatan 1 dan Olimpiade Pancasila

18, November 2021 - 01:39 PM
Reporter : adithan
Pembina IKA LKS Bangka Belitung (Babel) dan Juga Anggota DPRD Babel, Nico Plamonia saat mengantar peserta terbaik dari Babel ikuti LKS Nasional angkatan 1 dan Olimpiade Pancasila.
Pembina IKA LKS Bangka Belitung (Babel) dan Juga Anggota DPRD Babel, Nico Plamonia saat mengantar peserta terbaik dari Babel ikuti LKS Nasional angkatan 1 dan Olimpiade Pancasila.

BANGKA BELITUNG TERKINI - PANGKALPINANG - Sebanyak 5 pelajar terpilih dari SMA/SMK/MA se Pangkalpinang mewakili Bangka Belitung, ikuti Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Nasional angkatan 1 dan Olimpiade Pancasila.

Diketahui, LKS Nasional angkatan 1 dan Olimpiade Pancasila dilaksanakan oleh Pusat Pengurus Bersama Ikatan Alumni (PB Ika LKS) yang diselenggarakan pada 17 hingga 25 November, di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan.

Adapun peserta yang dikirim mewakili Provinsi Bangka Belitung, yakni :
1. Aditya Farera (SMA Negeri 2 Pangkalpinang)
2. Muhammad Hummam Rizki (SMA Negeri 2 Pangkalpinang
3. Muhammad Rafif Al Ghufron (SMA Negeri 3 Pangkalpinang)
4. Devi Setiani (SMK N 3 Pangkalpinang)
5. Dede Rahmawati  (SMK N 3 Pangkalpinang)

Selaku pembina PB ILA LKS Bangka Belitung, Nico Plamonia mengatakan para peserta sudah dilakukan seleksi dan berhasil mendapatkan 5 peserta terbaik mewakili Bangka Belitung.

Dijelaskan Nico Plamonia, para peserta nantinya akan mengikuti beberapa kegiatan, yakni Latihan Kepemimpinan Siswa, lomba cerdas cermat, lomba orasi Pancasila, dan lomba duta olimpiade Pancasila yang akan diikuti sebanyak 12 Provinsi (Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung , Bengkulu, Sumatera Selatan , Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta).

"Latihan Kepemimpinan Siswa diikuti oleh pelajar di tingkat
SMA/SMK/MA Negeri maupun swasta yang saat ini berjumlah lebih kurang 10.000 alumni. Tujuan dilaksanakan Latihan Kepemimpinan Siswa adalah untuk mengembangkan, membina, dan mendidik khususnya pelajar, agar kelak menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan luas, bermoral, dan cinta Tanah air, serta memiliki sumber daya manusia yang handal dan tangguh sehingga mampu bersaing dengan pemuda yang ada di belahan bumi ini," ungkap Nico yang juga merupakan Anggota DPRD Bangka Belitung.

Lanjut, Nico Plamonia kegiatan ini merupakan kegiatan
salah satu sarana pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader – kader penerus perjuangan bangsa dibina dan dididik serta dilatih dalam rangka pembentukan karakter pribadi yang siap untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang dan siap mewujudkan slogan kader Pancasila Hebat.

"Kami (PB IKA lKS Bangka Belitung_red) berharap 5 peserta terbaik ini dan juga generasi muda lainnya dari Bangka Belitung bisa memperkuat jiwa kepemimpinannya. Karena generasi muda adalah calon pemimpin dimasa yang akan datang, yang membuat Bangka Belitung menjadi lebih lagi," harapnya.