Camping Ground Tikus Emas

Antusias Peserta Ikuti Permainan Tradisional Bangka Tengah 2 Dimensi 'Membludak'

22, January 2022 - 08:55 PM
Reporter : adithan
Antusias Peserta Ikuti Permainan Tradisional Ketapel (Betet) di Kawasan Bukit Pao, Kelurahan Dul, Bangka Tengah.
Antusias Peserta Ikuti Permainan Tradisional Ketapel (Betet) di Kawasan Bukit Pao, Kelurahan Dul, Bangka Tengah.

BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH - Antusias peserta mengikuti perlombaan perlombaan permainan Tradisional Bangka Tengah 2 Dimensi membludak.

Kegiatan Bangka Tengah 2 Dimensi ini diselanggarakan selama 3 hari mulai 21 hingga 23 Januari 2022, yang dimotori oleh Sepradik Bangka Adventure (SBA) dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Bukit Pao.

Diakui pembina Kegiatan Bangka Tengah 2 Dimensi, Novrian antusias peserta sangat luar biasa. "Peserta yang ikut perlombaan baik dari pecinta alam dan tingkat umum sangat banyak bahkan melebihi target yang awal kita perkirakan. Artinya ini benar - benar kegiatan yang diminati oleh masyarakat," akuinya, Sabtu (22/01/2022).

Dalam rangkain acara juga terdapat kegiatan seperti pameran seni, juorney of D' Pao, talkshow madu kelulut, the power of Bukit Pao, bazar serta pekan permainan tradisional seperti sempret layangan, lomba betet (ketapel), balapan ban serta pangkak biji karet. Tidak itu saja, pada malamnya setiap harinya akan diadakan acara-acara alam yakni berkumpulnya tempat berkumpulnya para pecinta alam.

Kegiatan Bangka Tengah (Bateng) 2 Dimensi ini bertujuan untuk mengajak semua elemen khususnya anak muda untuk menyadari pentingnya pelestarian alam dan pengembangan ekonomi dari hasil kreativitasnya.

Selain pekan perlombaan tradisional, juga ada pemberian penghargaan-penghargaan lokal hero alam. Dimana penghargaan itu diberikan kepada mereka orang-orang yang menjaga alam dalam bentuk bertani dan berkebun. Tidak hanya itu, pada acara itu juga akan ada serah terima madu kelulut dari Pertamina kepada kelompok budidaya madu kelulut.

Dijelaskan juga oleh Novrian, tercetusnya Bangka Tengah 2 Dimensi ini merupakan suatu kelompok anak muda yang melihat keadaan lingkungan yang saat ini cukup mengkhawatirkan, karena dengan kerusakan lingkungan.

Dimana Bangka 2 Dimensi ini adalah salah satu bentuk dari kegiatan Pembangunan Ekonomi dan Pelastarian Lingkungan. Secara umum, program Bangka Dua Dimensi ini merupakan penggabungan antara Dimensi Ekonomi dengan Dimensi Lingkungan Hidup.

Dari itu semua, pihak SBA dan KTH Bukit Pao kedepannya ingin menjadikan acara ini menjadi acara yang terus dilaksanakan, mungkin bisa saja pada momen HUT Provinsi Bangka Belitung atau HUT Pemkab Bangka Tengah atau acara lainnya seperti acara agustusan. (*)