Camping Ground Tikus Emas

Bupati Bangka Tengah Bersama Poktan Karya Gemilang Panen Jagung Pipil

11, February 2022 - 10:29 PM
Reporter : adithan
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Bersama Poktan Karya Gemilang Panen Jagung Pipil
Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Bersama Poktan Karya Gemilang Panen Jagung Pipil

BANGKA TERKINI, BANGKA TENGAH - Bupati Bangka Tengah bersama poktan karya Gemilang menggelar kegiatan panen raya jagung pipil di bertempat di kebun Budiman Desa Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar, Jum'at (11/02/2022).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyampaikan, bahwa potensi holtikultura ini sangat kita kembangkan seperti jagung, cabai, bawang, pasca timah.

"Yang mana harga jagung pipil ini harga di pasaran sekitar 10 ribu perkilo yang sudah halus dan 6 ribu perkilo masih di cacah, potensi dari hasil tanaman holtikultura akan terus kita kembangkan karena sangat membantu sekali dari segi perekonomian di Bangka Tengah," ungkapnya.

"Semoga dengan adanya sinergritas yang baik antara petani dan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian maka para petani semakin bergairah untuk meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan para petani semakin baik," harap Bupati Bangka Tengah.

Sementara itu, pegawai penyuluh lapangan Dinas Pertanian Mizwan mengatakan, luas tanaman jagung pipil yang ditanam oleh pak budiman yaitu kurang lebih seluas 7 hektar yang ditanam secara bertahap.

Penanaman memang tidak sekaligus alias bertahap untuk panen ini hanya sekitar 2 hektar hal ini akan menyusul terus menerus sampai penen tiba, untuk hasilnya memang kita belum hitung secara spesifik produktifitas secara perton, tetapi pada tahun kemaren 1 hektar sekitar 7-8 ton hasil jagung pipil.

Mizwan juga menambahkan, bahwa target  kedepan kita akan continue menanam jagung ini agar di Bangka Belitung tidak tergantung dengan jagung dari luar. "Kita akan mengisi market market di Bangka Belitung dengan hasil jagung lokal," tutupnya. (BOM)