Camping Ground Tikus Emas

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Bangka Belitung Gelar Raker Guna Penguatan Ekonomi Syariah di Babel

25, February 2022 - 10:50 AM
Reporter : adithan
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Bangka Belitung Gelar Raker Guna Penguatan Ekonomi Syariah di Babel
Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Bangka Belitung Gelar Raker Guna Penguatan Ekonomi Syariah di Babel

PANGKALPINANG, BANGKA TERKINI - Dalam rangka evaluasi kinerja tahun 2021 dan penyusunan program kerja tahun 2022, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Pengurus Wilayah Bangka Belitung (Babel) mengadakan rapat kerja yang bertempat di gedung Mahligai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (23/02/2022).

Kegiatan Raker MES 2022 dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Kepulauan Bangka Belitung Bapak Drs. Muhammad Soleh, M.M.

"Masyarakat Bangka Belitung menyoritas beragama Islam. Kehadiran Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Bangka Belitung diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Provinsi Bangka Belitung dalam rangka penguatan ekonomi dan keuangan syariah," ucap Soleh.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bangka Belitung Budi Widihartanto juga memberikan pemaparan terkait perkembangan ekonomi syariah sebagai arahan bagi pengurus MES Bangka Belitung sebelum mengadakan Rapat Kerja.

"Tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia masih kecil yaitu sebesar 20,1%. BI akan terus bekerjasama dengan para stakeholder dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, terkhususnya dengan MES Bangka Belitung. MES juga diharap dapat berperan dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan syariah di Bangka Belitung," tutur Budi.

Dalam rapat tersebut Dr. Ahmad Irvani, M.Ag selaku ketua umum MES Bangka Belitung menyebutkan bahwa “Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Bangka Belitung periode 1441 - 1444 Hijriyah telah melaksanakan beberapa program kerja yang bersifat literasi dan edukasi bagi masyarakat Bangka Belitung terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah.

"Selain itu melakukan pengembahan ekonomi pesantren dan peningkatan manajemen koperasi syariah. Pelaksanaan program kerja yang sudah berjalan belum dirasakan maksimal karena bertepatan dengan adanya covid-19 sehingga dalam pelaksanaan kegiatan masih sangat terbatas," kata Irvani.

Rapat kerja tahun 2022 ini menargetkan setidaknya ada lima program kerja yang menjadi fokus dari pengurus MES Bangka Belitung tahun 2022 diantaranya pertama potensi destinasi wisata halal di Bangka Belitung, kedua pengembangan ekosistem Ekonomi pondok pesantren, ketiga pengembangan UMKM syariah, keempat pengembangan ekonomi berbasis masjid, dan yang kelima peningkatan literasi dan edukasi masyarakat. (*)