Camping Ground Tikus Emas

PJ Gubernur Babel, Satgas Tambang Ilegal Dibentuk Untuk Menata Bukan Menghukum atau Menutup Nafkah

26, June 2022 - 10:13 PM
Reporter : Dion (Atok)
Foto : PJ Gubernur Ridwan Djamaludin Bersama Astrada Babel
Foto : PJ Gubernur Ridwan Djamaludin Bersama Astrada Babel

PANGKALPINANG, bangkaterkini.com – Pj Gubernur Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin mengaku ketika didaulat sebagai Pj Gubernur, salah satu tugasnya adalah membenahi masalah pertimahan.

Tak dipungkiri realita perekonomian di Babel ditopang oleh timah. Keberadaan timah sebagai rahmat Tuhan dan selaku Pemerintah punya tanggungjawab untuk anak cucu di masa mendatang.

“Jangan sampai industri ini membawa kebaikan, di satu sisi tapi tidak di sisi lain. Timah ini mari manfaatkan tapi dampak industri mari kita tekan meski semua pihak tidak bersepakat. Tujuan kita meningkatkan efektivitas pengawasan kegiatan ilegal,” ujarnya kepada awak media disela-sela audiensi Astrada Babel dan Pj Gubernur Babel di Pangkalpinang, Minggu (26/6/20222).

Ridwan Djamaluddin menyatakan dibentuknya Satgas Illegal Mining agar Pemerintah tidak bekerja sendiri. Makanya, pelaku usaha diajak serta untuk bersama-sama mengawasi persoalan pertimahan ilegal ini.

Disepakati, pengawasan dimulai dari hilir yakni pihak smelter dan kolektor. Untuk pelaku tambang juga, pihaknya menjanjikan akan menggelar bimbingan teknis agar mereka dapat membentuk suatu badan usaha yang resmi dan legalitas yang sah.

“Supaya porsi negara tidak hilang dan ada yang tanggungjawab. Mari kita jaga bersama. Saya menghargai Astrada Babel, terima kasih dukungannya, bantu kami sosialisasikan hal ini ke masyarakat bahwa tujuan kita untuk menata bukan untuk menghukum masyarakat atau menutup nafkah mereka,” jelasnya.

Sekali lagi, Pj Gubernur menegaskan, bahwa Satgas ini merupakan tataran pelaksana di bawah kendali Pemerintah, mereka bekerja sesuai apa yang sudah digariskan. Dengan begitu pertambangan di Babel ini dapat berjalan dengan baik dan legal. (atk)