Camping Ground Tikus Emas

Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Buka Layanan Tatap Muka Terbatas

15, July 2022 - 06:50 PM
Reporter : Dion (Atok)

PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Pasca lebih dari dua tahun lamanya layanan kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ditiadakan akibat pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) mengambil langkah strategis untuk melakukan penyesuaian mekanisme layanan kunjungan tatap muka di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan.

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar dikeluarkan sebagai dasar pelaksaan kebijakan membuka kunjungan tatap muka dalam pembatasan sesuai dengan edaran yang ada.

Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Sugeng Hardono, membenarkan bahwa sesuai Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, mulai Rabu, 13 Juli 2022, tahanan dan warga binaan di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dapat dikunjungi oleh keluarga secara langsung minimal 2 tingkat ayah/ibu, istri / anak yang telah dewasa / ada surat dari rujukan dokter.

Untuk ketentuannya sesuai dengan surat edaran, pihak Lapas juga mengatur jadwal pemberlakuan dengan sistem selang-seling, dimana untuk Hari Senin blok patimura, Selasa blok Teuku Umar, Rabu blok Depati Amir, Kamis blok Hasanudin dan Imam Bonjol dan Jumat blok Diponegoro.

"Dalam kunjungan tatap muka, kami juga masih tetap memberlakukan protokol kesehatan dan sejumlah pembatasan, dimana pengunjung maksimal 1 orang yang merupakan keluarga inti dari WBP/napi ( istri/ayah/ibu/mertua/anak/cucu)," ucap Kalapas.

Apabila ada pengunjung anak-anak, maka anak tersebut minimal diatas 17 tahun dengan disertai vaksin lengkap, jika keluarga belum vaksin lengkap, maka disarankan untuk melengkapi vaksin dengan mengunjungi puskesmas maupun fasyankes terdekat. 

Kalapas menyebutkan, saat ini Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dihuni oleh sebanyak 1009 orang, layanan kunjungan kami batasi kurang lebih 15-30 menit, tergantung ramai/tidaknya.

Hal ini dilakukan agar tidak terlalu menumpuk banyak orang. Untuk jam kunjungan diberlakukan seperti biasa senin sd kamis mulai pukul 09.00-12.00 siang dilanjutkan pukul 13.00-14.30 sedangkan pada hari Jumat dimulai Pukul 08.30-11.00. 

Kunjungan tatap muka ini dikhususkan untuk keluarga inti saja, di luar keluarga inti tidak diperbolehkan.

"Pendaftaran kunjungan bisa dilakukan menggunakan aplikasi Silanang maupun bisa datang langsung ke Lapas tetap kami layani bagi keluarga WBP yang akan melakukan kunjungan langsung ke WBP," ungkapnya.

Masa Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh belahan dunia yang di mulai awal tahun 2020 sangat berdampak pada kehidupan sosial baik luar maupun dalam negeri Indonesia. 

Salah satu contoh kecil dampak pandemi Covid-19 ini adalah ditutupnya layanan kunjungan tatap muka secara langsung bagi warga binaan pemasyarakatan. 

Bu Heni salah satu dari ibu yang ingin bertatap muka dengan anaknya Heri sangat berbahagia sekali, betapa kebahagiaan dan rasa syukur terpancar juga dari seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada di dalam Lapas Narkotika Pangkalpinang setelah hampir 3 tahun tidak bersua secara langsung dengan sanak familinya

"Saya bersyukur dan berterima kasih akhirnya doa dan permintaan kami dikabulkan," kata Awi salah satu wargabinaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang.

Kalapas beserta jajaran dengan antusias menyiapkan seluruh perangkat sarana dan prasarana agar kunjungan tatap muka terbatas ini berjalan sesuai peraturan yang ada.

“Kami akan memberikan pelayanan yng terbaik bagi wbp dan keuarganya. Meskipun kunjungan terbatas ini sangat ketat tapi harus disyukuri," tutup Sugeng Hardono. (atk)

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang