Camping Ground Tikus Emas

Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bangka Tengah Gandeng UBB

11, January 2023 - 03:40 PM
Reporter : adithan
Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bangka Tengah Gandeng UBB
Perkuat Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Bangka Tengah Gandeng UBB

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Untuk memperkuat pengawasan partisipatif pemilu 2024 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah menjalin kerjasama dengan para akademisi  fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) inipun dilakukan pada Senin (09/01/2023) di Gedung Dekanat Fakultas Hukum UBB yang ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto dan Dekan Fakultas Hukum UBB, Derita Prapti Rahayu.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah  Robianto yang turut didampingi Anggota Bawaslu Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono mengungkapkan keinginannya untuk dapat membangun kesepahaman bersama yang sudah lama terencana dan akhirnya dapat terealisasikan.

"Dengan terjalinnya kerjasama ini kami berharap Fakultas Hukum UBB dapat mendukung berbagai program kerja yang dimiliki Bawaslu, seperti peningkatan edukasi dalam proses hukum penanganan pelanggaran Pemilu, sehingga Pemilu ini dapat berjalan lebih baik lagi," ungkapnya.

Bawaslu  Baka Tengah selalu menyambut baik setiap kerjasama dengan Perguruan Tinggi maupun Universitas karena ada ruang tertentu yang tidak bisa sentuh secara maksimal oleh pihaknya, namun dapat dimaksimalkan dengan adanya kerjasama bersama pihak Universitas ataupun Perguruan Tinggi melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

"Kami memiliki berbagai program pengawasan partisipatif, seperti Gardu Pengawasan yang sebelumnya kami jalin kerjasamanya dengan Pertiba, Program ini tentu dapat juga kita disinergikan dengan melibatkan peran adik-adik mahasiswa Fakultas Hukum UBB, dengan pendekatan yang mahasiswa bangun dapat memberikan pencerahan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan masyarakat, Selain itu kami juga ada program kegiatan Sambang Pengawasan, Forum Warga, Jelajah Pengawasan dan Forum Warga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di lapangan," tandasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum UBB, Derita Prapti Rahayu menyambut baik kerjasama antara Fakultas Hukum UBB dengan Bawaslu Kabupaten Bateng yang dinilainya dapat semakin memperkuat kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dalam berbagai kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan Fakultas Hukum UBB guna meningkatkan peran partisipasi masyarakat.

"Kerjasama Fakultas Hukum UBB dengan Bawaslu Bangka Tengah telah terimplementasikan dengan kolaborasi yang dibangun dalam memberikan edukasi kepemiluan melalui berbagai kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif," tuturnya.

Semoga kerjasama yang telah ditandatangani hari ini terus dapat diimplementasikan dan berlanjut, dengan kolaborasi program.

"baik dari program Fakultas Hukum UBB yang dapat masuk ke dalam program Bawaslu Kabupaten Bateng maupun program yang telah dirancang Bawaslu Kabupaten Bateng dapat kita implementasikan bersama-sama," Pungkas Dekan Fakultas Hukum.