Camping Ground Tikus Emas

Bangka Tengah Miliki 41 Perpustakaan Desa/Kelurahan, Ini Kata Algafry!

16, March 2024 - 11:58 AM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI – Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini telah memiliki 41 perpustakaan desa/kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan di daerah.

Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan, pustakawan memiliki peran penting dalam menarik minta baca masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan.

“Pustakawan ini diharapkan bisa tampil menarik dalam melayani orang lain serta memiliki kepribadian menarik, nanti akan kita beri pelatihan,” ucap Bupati Algafry.

Sementara itu, Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bateng, Tina Miranda mengatakan saat ini ada 42 perpustakaan desa/kelurahan di Bateng.

“42 perpustakaan ini memang ada yang aktif dan tidak, namun tiap tahun kita tetap ada pembinaan, dalam setahun bisa 2 hingga 3 kali pembinaan perpustakaan desa dan kelurahan. Kita juga sudah mengusulkan, agar ada penambahan perpustakaan di setiap desa dan kelurahan,” ujarnya, Sabtu (16/3/2024).

Dia juga memaparkan dari 42 perpustakaan itu paling banyak di Kecamatan Pangkalan Baru ada 9, kemudian 9 perpustakaan di Koba, paling sedikit di Kecamatan Namang 3 perpustakaan dan Lubuk Besar 7, juga ada di Sungaiselan dan Simpang Katis.