Iklan Bangka Terkini

Pemkab Bangka Tengah Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Menuju Indonesia Emas

20, May 2024 - 08:06 PM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap tanggal 20 Mei, merupakan hari yang sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Hari ini, kita mengenang berdirinya Organisasi Budi Utomo tahun 1908, yang merupakan titik awal dari pergerakan nasional Indonesia menuju kemerdekaan.

Hari istimewa ini juga diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab Bateng) dengan mengadakan Upacara Pengibaran Sang Merah Putih yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bangka Tengah, Senin (20/05/2024).

Tahun ini, Harkitnas diperingati untuk ke-116 kalinya. Adapun tema yang diangkat adalah 'Bangkit untuk Indonesia Emas'. Tema ini dipilih agar Harkitnas tahun 2024 ini dapat membawa nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit menuju Indonesia Emas.

Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto, membacakan sambutan upacara dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi.

Menteri Kominfo membahas mengenai perkembangan bangsa Indonesia yang sedang berada pada fase kebangkitan kedua, yakni melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

"Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari se abad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru yakni kemajuan teknologi yang menjadi penanda zaman baru," ucapnya dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda.

Sementara itu, era ini justru dapat menjadi kekuatan bagi bangsa, pasalnya 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade telah menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi baru, diimbangi dengan tingkat penetrasi internet yang telah mencapai 79,5% dari total populasi di Indonesia.

"Potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap. Perekonomian Indonesia harus tumbuh di kisaran 6 hingga 7% untuk dapat mencapai target negara berpendapatan tinggi atau negara maju pada tahun 2045," pesan Pak Menteri.

Di akhir sambutannya, Menteri Kominfo mengharapkan agar seluruh rakyat Indonesia dapat menatap masa depan dengan penuh optimisme.

"Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju 'Indonesia Emas 2045'. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!" pungkasnya.

(Diskominfosta Bangka Tengah)