Camping Ground Tikus Emas

Yuk Simak! Tips Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita Indonesia Ala Honda Babel

23, May 2024 - 02:35 PM
Reporter : adithan
Yuk Simak! Tips Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita Indonesia Ala Honda Babel
Yuk Simak! Tips Berkendara Sepeda Motor untuk Wanita Indonesia Ala Honda Babel
BANGKA TERKINI - Pada awalnya, sepeda motor lebih sering dikendarai oleh laki-laki. Namun, kini wanita pun sudah banyak yang secara mandiri mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Memilih sepeda motor sebagai kendaraan untuk menjalani aktivitas sehari-hari menjadi solusi efektif untuk menghindari kemacetan. Dengan menggunakan sepeda motor, perjalanan akan menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga sepeda motor dapat dijadikan kendaraan andalan bagi pria maupun wanita.

“Berkendara bagi para wanita tentu sudah menjadi hal yang biasa pada keseharian kita, namun terkhusus untuk pengendara wanita agar tetap selalu memperhatikan kondisi sepeda motornya dalam kondisi baik. Sebagai tambahan juga agar kenakan jaket dan helm saat berkendara,” kata Anggie Faeza Sirkandi selaku Instruktur Safety Riding Indonesia Main Dealer Honda Babel.

Pentingnya tata cara berkendara yang benar wajib diketahui baik oleh pria maupun wanita. Berikut adalah beberapa tips berkendara yang mungkin masih belum diketahui oleh para pengendara wanita:

1. Perlengkapan Dasar itu Penting
Perlengkapan dasar yang dimaksud adalah helm, jaket, dan ikat rambut (apabila rambut pengendara cukup panjang) untuk meminimalisir gangguan saat berkendara. Gunakan jaket untuk melindungi diri dari sengatan matahari dan serangan masuk angin.

2. Gunakanlah Alas Kaki yang Tepat
Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor dapat mengganggu keseimbangan. Jika ada keperluan tertentu yang mengharuskan memakai sepatu hak tinggi, sebaiknya pengendara memakai flat shoes saat berkendara, lalu berganti sepatu setelah sampai di tujuan. Sepatu dapat disimpan di bagasi motor untuk keamanan dan kepraktisan.

3. Usahakan Tidak Menggunakan Rok
Menggunakan rok ketika mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terutama jika rok ketat karena dapat mempengaruhi gerak kaki saat berhenti mendadak atau di jalur lambat. Sebaiknya simpan rok di bagasi motor dan kenakan setelah berkendara untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

4. Gunakanlah Aksesoris Seperlunya
Penggunaan aksesoris saat berkendara tidak dilarang, namun tidak dianjurkan karena dapat menarik perhatian penjahat yang mungkin mencelakai pengendara.

5. Gunakan Tas yang Tepat
Pakailah tas yang mudah dibawa dan tidak menyulitkan saat berkendara. Tas bisa disimpan di bagasi motor jika mudah dibawa. Hindari penggunaan tas tangan/handbag karena dapat memancing tindakan kriminal seperti penjambretan.

Seperti itulah tips aman berkendara yang mungkin masih belum diketahui oleh para pengendara wanita. Semoga bermanfaat dan tetap aman di jalan!