Camping Ground Tikus Emas

Harumkan Nama Daerah, Atlet dan Pelatih Berprestasi di Ajang PON Papua 2021 Terima Bonus

28, April 2022 - 02:27 PM
Reporter : Dion (Atok)
Harumkan Nama Daerah, Atlet dan Pelatih Berprestasi di Ajang PON Papua 2021 Terima Bonus
Harumkan Nama Daerah, Atlet dan Pelatih Berprestasi di Ajang PON Papua 2021 Terima Bonus

PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyerahkan secara langsung bonus kepada Atlet dan Pelatih Berprestasi Peraih Medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 di Gedung Mahligai Komplek Perkantoran Gubernur Babel, Jumat (28/4/22).

"Salam olahraga! Dan selamat kepada para atlet serta pelatih yang sudah memberikan prestasi serta membawa nama baik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Gubernur Erzaldi membuka sambutan.

"Apa yang kita peroleh ini adalah upaya kita yang maksimal. Setelah ini, kita akan mengevaluasi hal-hal yang berkenaan dengan pembinaan, termasuk strategi bagaimana keikutsertaan kita itu betul-betul dapat membuahkan hasil yang lebih baik lagi. Karena, pembinaan yang baik belum tentu dapat memperoleh hasil yang baik, kalau tidak didukung oleh pengurus yang baik, dana yang baik, perlengkapan, dan fasilitas yang baik," jelas gubernur lagi.

Antara dana, atlet, pengurus, serta fasilitas, menurut gubernur mana yang menjadi prioritas itulah yang akan menjadi strategi. Banyak orang berfikir tidak ada dana tidak bisa bekerja, tetapi bagi kebanyakan orang, dana bukan segala-galanya, melainkan semangat yang luar biasa adalah modal utama untuk berprestasi. 

"Karena, banyak juga atlet-atlet yang berprestasi dan tidak mengandalkan dana, yang dibuktikan dengan kemampuannya sendiri. Akan tetapi, prestasi tersebut akan lebih baik dan dapat mencapai puncaknya ketika empat unsur yang saya katakan tadi dapat betul-betul kita kolaborasikan dan sinergikan dengan baik," ungkapnya.

Untuk itu, gubernur mengingatkan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) harus pandai-pandai dan memiliki strategi pembinaan, termasuk strategi _budgeting_ yang baik, sehingga ke depan, hasilnya terwujud seperti harapan bersama. 

"Kita tidak ingin prestasi olahraga kita ini biasa-biasa saja. Tapi kita ingin prestasi olahraga kita di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini menjadi prestasi yang luar biasa," pungkasnya.

Gubernur berharap Ketua dan Pengurus KONI agar strategi pembinaan yang sudah dikatakan sebelumnya, dapat dilakukan evaluasi, dan mengambil kebijakan strategi yang tepat, cepat, serta betul-betul dapat merangkul seluruh _stakeholder_ baik para atlet, pembina, pelatih dan lainnya. Kolaborasi ini menurut gubernur harus segera dimulai.

KONI juga diharapkan gubernur dapat mencermati fasilitas olahraga yang ada, karena hampir 70?silitas olahraga di Indonesia hanya dipakai pada saat penyelenggaraan saja, setelah itu dibiarkan. 

Sementara, kehadiran Direksi Sumber Daya Manusia (SDM) Yenita dan Direksi Corporate Social Responsibility (CSR) Edi Wibisana dari PT Timah Tbk dikatakan gubernur, menandai kuatnya silaturahmi kita dengan _stakeholder_ untuk membantu prestasi olahraga di Provinsi Babel. 

"Saya tadi diberikan bocoran, bahwa PT Timah siap membantu memberikan bonus bagi para atlet berprestasi. Maka, perbanyak silaturahmi karena itulah jiwa olahraga," imbau gubernur.

Sementara Ketua Umum KONI Babel, Ricky Kurniawan mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi dari para atlet asal kontingen Babel, dan kerja keras pengurus KONI Provinsi periode 2017-2021, KONI kabupaten/kota, pengprov, dan pengcab pada PON XX-2020 Papua Tahun 2021 lalu.

"Harapan saya, kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk perbaikan penyempurnaan dan revitalisasi ke olahragaan yang kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga di Babel sehingga mampu membangun keunggulan di kancah nasional di masa yang akan datang," harapnya.

Berikut daftar penerima pemberian bonus PON XX/2020 Papua Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (perorangan, ganda dan beregu) adalah:

1. Peraih medali emas Cabang Menembak Individual Trap Man dengan bonus Rp 250 juta dan bonus pelatih Rp 100 juta;

2. Peraih medali perak Cabang Binaraga Kelas 75 kg dengan bonus 100 juta dan bonus pelatih Rp 40 juta;

3. Peraih medali perak Cabang Atletik 1500 m, bonus Rp 100 juta dan bonus pelatih Rp 40 juta;

4. Peraih medali perunggu Cabang Atletik Lompat Jauh dengan bonus 75 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

5. Peraih medali perunggu Cabang Atletik 5000 m dengan bonus 75 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

6. Peraih medali perunggu Cabang Atletik Lontar Martil dengan bonus 75 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

7. Peraih medali perunggu Cabang Atletik Lompat Jangkit dengan bonus 75 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

8. Peraih medali perunggu Cabang Tenis Tunggal Putra dengan bonus 75 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

9. Peraih medali perunggu Cabang Biliar Bola 10 Double Putra dengan bonus 60 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

10. Peraih medali perunggu Cabang Menembak Doubel Trap Men dengan bonus 60 juta dan bonus pelatih Rp 30 juta;

11. Peraih medali perunggu Cabang Sepakbola Putri Beregu dengan bonus Rp 225 juta dan bonus pelatih Rp 50 juta.

(*)