Camping Ground Tikus Emas

Kemenag RI Canangkan Kelurahan Bacang Jadi Kelurahan Sadar Kerukunan

09, March 2023 - 04:52 PM
Reporter : adithan
Kunjungan Kemenag Pangkalpinang ke Kelurahan Bacang, Kamis (09/03/2023).
Kunjungan Kemenag Pangkalpinang ke Kelurahan Bacang, Kamis (09/03/2023).

PANGKALPINANG, BANGKA TERKINI - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, H. Firmantasi, S.Ag., M.H. kunjungi kantor Kelurahan Bacang yang dicanangkan sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan.

Kunjungan tersebut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Pangkalpinang, perwakilan Kemenag Babel, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Bacang, yang bertempat di Kantor Kelurahan Bacang, Kamis (09/03/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang mengatakan kunjungannya ada 3 hal yang dibahas, yakni Kedatangan Kepala Kantor Kementerian Agama RI, pencanangan Kelurahan Bacang menjadi Kelurahan Sadar Kerukunan serta peletakan batu pertama pembangunan Vihara Sheng Te.

Kerukunan, dijelaskan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang merupakan salah faktor kehidupan, baik segi ekonomi, keamanan dan juga hal lainnya.

"Jadi momentum ini jangan disia-siakan, kita buktikan Pangkalpinang dengan jargon beribu senyuman dengan tingkat sadar kerukunan nya semakin baik," ucapnya.

"Nanti kita akan kedatangan Kepala Kantor Kemenag RI, sekaligus mendeklarasikan Kelurahan Bacang sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan serta peletakan batu pertama pembangunan Vihara Sheng Te ini," terangnya.

Dijelaskannya juga Ada 2 target Kelurahan Sadar Kerukunan ini, yakni Kelurahan Bacang dan Juga Tamberan. Namun, faktor yang membuat Kelurahan Bacang yang terpilih ialah ada lebih dari 3 rumah ibadah yang sudah terbangun di Kelurahan Bacang yang berdampingan dengan penduduk. Sedangkan Temberan jarak nya lumayan jauh antara rumah ibadah dengan penduduknya.

" Mari kita jaga kerukunan beragama ini, jangan sampai dipecah-belah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ini adalah warisan dari para pendahulu kita," ajaknya.

Sementara itu, Lurah Bacang Arli mengucapkan rasa syukur atas apa yang dicanangkan oleh Kementerian Agama. Dimana ia merasa kaget dan juga bahagia.

"Kami merasa kaget dan bahagia, bisa menjadi Kelurahan yang kayak sadar kerukunan. Ini mungkin salah satu mimpi besar kami, karena memang salah satu kelurahan yang banyak ragam agamanya namun semuanya berbaur," ucapnya.

"Mudah-mudahan dengan dicanangkan nya Kelurahan Bacang menjadi Kelurahan Sadar Kerukunan bisa memicu semangat masyarakat agar lebih rukun lagi dan bisa bersinergi satu sama lain tanpa memandang ras dan agama," harapnya.