Camping Ground Tikus Emas

Bangka Bakal Terima 25 Sapi Brahman Cross

11, August 2017 - 10:53 AM
Reporter : Bang Kini

Sungailiat - Dalam waktu dekat ini kabupaten Bangka akan mendapatkan sapi jenis Brahman Cross. Demikian dikatakan Kemas Arfani Rahman selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka dalam laporannya saat penyerahan sapi gaduh dan mesin pencacah kepada petani Paket Tiga Desa Tiang Tara, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Sabtu (12/8/17). 

Sapi jenis Brahman Cross ini, kata Kemas akan diberikan kepada kabupaten Bangka sebanyak 25 ekor dan akan ditempatkan di UPT Dinas Pertanian. "Alhamdullilah, dari kementerian sudah memberikan lampu hijau, bahkan saya ditantang oleh mereka jangan 25 ekor, namun 50 ekor, namun sejauh ini kita belum siap," katanya.

"Untuk dapat 25 ekor, konsekuensinya harus mengeluarkan lagi 25 ekor juga, karena status di UPT sekarang zero, karena sudah digaduhkan kepada masyarakat, lanjutnya.

Sapi Brahman Cross berasal dari India yang masih merupakan dalam keturunan dari sapi Zebu (Bos Indicus). Sapi ini merupakan persilangan antara sapi Brahman dengan sapi Shorthorn dan Herefors yang juga merupakan masih dalam bangsa Bos Taurus. 

Sapi ini memiliki kualitas daging yang sangat tinggi dan juga sangat cepat pertumbuhannnya, sehingga banyak sekali yang menginginkan sapi Brahman ini untuk dibudidayakan terutama di Indonesia. Selain itu mudah beradaptasi dengan lingkungan, tahan terhadap penyakit, dan budidaya-nya sangat mudah.