Camping Ground Tikus Emas

Rp 1 Triliun di Siapkan BI Babel, Selama Ramadhan dan Idul Fitri

22, May 2018 - 01:21 PM
Reporter : adithan
Edhi Rahmanto Deputi Kepala BI Perwakilan Babel.
Edhi Rahmanto Deputi Kepala BI Perwakilan Babel.

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang --- Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung (Babel), siap penuhi kebutuhan uang Rp 1 Triliun selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Lewat releasenya, Edhi Rahmanto Deputi Kepala BI Perwakilan Babel menyampaikan, permintaan uang di Babel tahun 2018 naik dibandingkan realisasi pengedaran uang ke masyarakat dan perbankan pada lebaran tahun 2017 lalu, yakni Rp 906,1 Miliar.

" Pemenuhan kebutuhan uang kartal saat Ramadhan dan idul Fitri 1439 H di dominasi melalui penarikan uang oleh Bank umum sebesar Rp 713 Miliar," ungkapnya.

" Sesuai musiman, setiap Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri selalu terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat akan uang kartal, terkait pembayaran gaji dan tunjangan serta kebutuhan lainnya saat Idul Fitri" tambahnya.

Ia juga mengatakan, Kantor Perwakilan BI Babel sudah menyiapkan beberapa Chanel (saluran) untuk memenuhi kebutuhan uang kartal tersebut yakni," Layanan penukaran uang di Mess Bank Indonesia, setiap Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, mulai 21 Mei sampai dengan 7 Juni 2018," ujarnya.

Sedangkan untuk penukaran uang pecahan kecil di Kantor-Kantor Bank Umum pada hari kerja yang ada di Babel, " Pangkalpinang, Sungailiat, Muntok, Koba, Toboali, Belinyu, Tj. Pandan, dan Manggar " pungkasnya.

" Juga pada kegiatan Kas Keliling Bank Indonesia, 21-23 Mei 2018 di Muntok, 23-25 Mei 2018 di Koba dan Toboali, 4-7 Juni 2018 di Belitung, dan 25 Mei 2018 di Pasar Pagi Pangkalpinang" jelasnya.

Ia pun berharap dengan langkah - langkah antisipatif yang dilakukan Bank Indonesia, ekonomi masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2017 dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman.

" Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, untuk masyarakat lakukanlah tukar menukar uang di tempat penukaran resmi. Dan lakukan lah transaksi uang dengan metode 3D (Dilihat-Diraba-Diterawang) " himbaunya. (Yun)