Camping Ground Tikus Emas

Ini Pernyataan Perwakilan Fraksi di DPRD Babel, Terkait Rencana Usulan Pembentukan Bangka Utar

04, April 2019 - 06:45 PM
Reporter : adithan
DPRD Babel Tandatangani surat pernyataan dukungan pembentukan Kabupaten Bangka Utara, Kamis (04/04/2019).
DPRD Babel Tandatangani surat pernyataan dukungan pembentukan Kabupaten Bangka Utara, Kamis (04/04/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Mendapatkan persetujuan dari semua fraksi di DPRD Babel, nampaknya rencana pembentukan Kabupaten Bangka Utara akan mendapatkan jalan mulus dari DPRD Babel.

Pasalnya, dalam kesepakatan yang dihasilkan saat Rapat Paripurna, Kamis (04/04/2019), DPRD Babel menyetujui dengan menandatangani pernyataan dukungan pembentukan Kabupaten Bangka Utara. Yang mana dihadiri Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Wakil Ketua DPRD Babel Toni Purnama, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Anggota DPRD Babel, dan unsur Forkompimda.

Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya menyampaikan bahwa semua fraksi sepakat, akan terbentuknya usulan pemekaran Bangka Utara, yang akan memisahkan diri dari Kabupaten Bangka. Namun, kesepakan tersebut baru sebatas dukungan atas usulan dan belum dukungan secara politis karena belum adanya usulan resmi dari Gubernur Babel.

" Kami minta maaf kepada masyarakat Bangka Utara, hasil hari ini sifatnya memberi dukungan, mengingat gubernur belum menyampaikan surat usulan untuk pembentukan sesuai Undang-undang No 23 tahun 2014 dan PP No 78 tahun 2007," ucapnya.

Didit juga meminta kepada Pemprov melalui Wakil Gubernur, Abdul Fattah yang hadir dalam rapat Paripurna untuk segera mengirimkan surat usulan kepada DPRD Babel, untuk kemudian dilanjutkan melalui dukungan secara politis. "Jika bulan ini usulan Bangka Utara kami terima, bulan depan akan ada dukungan secara politis," ujarnya.

Sementara itu, semua Fraksi menyampaikan tanggapannya. Setiap perwakilan mengungkapkan dukungan penuh atas terbentuknya Bangka Utara. Sebagaimana diungkapkan Tanwin dari Fraksi Madani. Ia menegaskan jika Fraksinya mendukung penuh rencana tersebut. Begitu pula dengan Fraksi PDI Perjuangan yang diwakili oleh Adet Mastur. " Kita belum bisa menyampaikan sikap, tetapi jelas kita mendukung Bangka Utara," sebut Adet.

Tanggapan serupa juga diungkapkan Fraksi PKS, Aksan Visyawan menuturkan bahwa PKS sudah sejak awal menyampaikan sikap dukungan. " Tetapi saya beri catatan, agar planing ini berlanjut jangan sampai seingat saya ini sudah dua kali rapat tidak membuahkan hasil," tegasnya.

Lanjut dari Fraksi PPP, Azwar Helmi bahkan ingin mempertegas agar Bangka Utara segera terbentuk. "Kami sepakat pembentukan Bangka Utara. Disegerakan melalui prosedur, dilengkapi mana yang kurang sehingga proses sesuai aturan," ujarnya.

Tidak hanya itu, Ferdiansyah mewakili Fraksi Gerindra memastikan akan berkomunikasi dengan gubernur terkait harapan DPRD Babel untuk menerima surat usulan. "Tentu kita tidak tinggal diam," ucapnya.

Kemudian lebih lanjut, Fraksi Amanat Demokrat dan Fraksi Golkar yang menjadi perwakilan terakhir menyampaikan pandangan terkait pembentukan Bangka Utara pun memiliki pandangan yang sama. " Kami mendukung, percayalah DPRD tidak akan mengecewakan kita semua," tutup perwakilan Fraksi Golkar, Sri Subekti Mulyaningsih.