Camping Ground Tikus Emas

Ketua Bawaslu Pangkalpinang Sebut Pemilu 2019 'Aman dan Lancar'

13, August 2019 - 10:02 PM
Reporter : adithan
Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala.
Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala.

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala, sebut jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Pangkalpinang berjalan aman dan lancar sesuai dengan teknis pelaksanaannya. 

Hal tersebut dikatakannya, saat di temui disela rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Pangkalpinang Pemilu 2019, bertempat di SwissBell Hotel, Selasa (13/08/2019).

Diakuinya berdasarkan proses, prosedur dan mekanisme dari tahapan pengawasan sampai dengan penetapan sudah berjalan sesuai dengan proses Undang-undang yang berlaku.

" Kita sudah melakukan pengawasan sampai dengan penetapannya, semua sudah kita tindaklanjuti sesuai dengan aturan baik dari tahapan pengawasan, verifikasi, pendaftaran pencalonan, kampanye, pungut hitung, pemungutan suara ulang, rekapitulasi serta seluruh tahapan Pemilunya," ujarnya.

" Untuk Pangkalpinang sendiri dari hasil pelaksaan Pemilu nya sudah berjalan sesuai UU dan PKPU dimana kami (Bawaslu_red) selalu melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait baik dari pihak KPU, Parpol sampai element masyatakat terkait adminstrasi serta dalam penindakan," ungkapnya.

Namun, dikatakannya Tidak dipungkiri juga, dalam pengawasan Pemilu 2019 terdapat pelanggaran-pelanggaran, hanya saja tidak dapat di proses karena tidak terdapat unsur formal dan formil nya. " Untuk penindakan terbanyak terspat pada pelangaran Alat Peraga Kampanye (APK)," sebutnya.

" Alhmdudlillah, didalam perjalanan Pemilu 2019 di Pangkalpinang selama ini tidak ada kendala dan musibah terlebih, dari segi SDM nya pun kita menjalankan tugas dan kewajiban tanpa adanya kendala seperti daerah lain karena kita mengacu pada prinsip proses pengawasan yang di lakukan sesuai denga UU serta Peraturan KPU dan Peraturan Pengwas Pemilu (Perwaslu)," tutupnya. (Yun)