Camping Ground Tikus Emas

KPU Bangka Terus Berikan Pendidikan Demokrasi Pentingnya Memilih

27, October 2019 - 07:55 PM
Reporter : adithan
KPU Bangka gelar sosialisasi berupa pendidikan demokrasi, Sabtu (26/10/2019).
KPU Bangka gelar sosialisasi berupa pendidikan demokrasi, Sabtu (26/10/2019).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Dalam rangka memberikan pemahaman demokrasi dan arti pentingnya memilih kepada masyarakat, KPU Bangka gelar sosialisasi berupa pendidikan demokrasi kepada pemilih.

Adapun sasaran kegiatan ditujukan kepada pemilih pemula, pemilih perempuan dan pemilih penyandang disabilitas.

Kegiatan yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sungailiat itu, dihadiri puluhan pengurus dan penyandang disabilitas dari Yayasan Penyandang Disabilitas (YPD) Bangka Belitung tampak serius menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber, Komisioner KPU Bangka, Hartati dan Cepenk Susanti, Sabtu (26/10/2019).

Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Hartati mengharapkan dengan kegiatan ini peserta akan mendapatkan tambahan wawasan tentang demokrasi.

" Diharapkan melalui pendidikan pemilih kepada kawan-kawan penyandang disabilitas ini, mereka akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai demokrasi, pemilu dan bisa ikut berpartisipasi baik sebagai pemilih yang cerdas, peserta pemilu maupun sebagai penyelenggara pemilu," ujar Hartati.

" Selain kepada penyandang disabilitas, kami juga menyelenggarakan kegiatan pendidikan pemilih ini kepada pemilih pemula di SMPN 2 Belinyu, SMPN 1 Mendo Barat, SMPN 2 Bakam dan SMPN 1 Riau Silip. Untuk pemilih perempuan, kami berkunjung ke Ibu-ibu Majelis Ta'lim Desa Saing dan PKK Desa Penyamun. Dalam waktu dekat a kami akan melakukan sosialisasi kepada Guru TK/PAUD Desa Merawang," jelas Hartati.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan materi tentang pengertian demokrasi, azas pemilu, syarat memilih, hak penyandang disabilitas, seputar pemilu serentak tahun 2019 serta simulasi pemilihan di TPS. Peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran terkait Pemilu 2019.

Ketua Yayasan Penyandang Disabilitas (YPD) Bangka Belitung, Jones mengapresiasi serta mendukung kegiatan KPU Bangka ini. "Sosialisasi kepada penyandang disabilitas ini sangat tepat karena masih banyak penyandang disabilitas yang belum mengerti serta belum memahami pentingnya ikut berpartisipasi dalam pemilu, karena melalui pemilu akan terpilihnya calon-calon pemimpin yang mempunyai figur yang baik dan amanah serta bisa memperjuangkan aspirasi kami," terangnya.

" Kedepan saya juga berharap kawan-kawan penyandang disabilitas agar lebih aktif berpartisipasi pada pemilu. Kepada KPU Bangka dan instansi terkait agar bisa mendata seluruh penyandang disabilitas yang tersebar di setiap desa, sehingga semua penyandang disabilitas mendapatkan hak mereka dalam memberikan suara pada pemilu mendatang," harap Jones. (Rap)