Camping Ground Tikus Emas

Sambangi Pengelola HKm di Bangka Selatan, Erzaldi : Bangka Belitung Jadi Perhatian Khusus, Pengembangan dan Rehabilitasi Hutan Bakau

16, January 2021 - 07:48 AM
Reporter : adithan
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman berikan arahan kepada Pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mercusuar Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (15/01/2021). 
Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman berikan arahan kepada Pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mercusuar Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (15/01/2021). 

BANGKA TERKINI - BANGKA BELITUNG - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman berikan arahan kepada Pengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mercusuar Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (15/01/2021) kemarin.

Dikatakan Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman kegiatan ini dalam rangka pemanfaatan hutan di kawasan Desa Batu Betumpang Bangka Selatan ini, agar masyarakat tetap menjaga hutan sekaligus bisa memperoleh manfaat ekonomi. 

" Kawasan hutan di sini dimanfaatkan oleh Kelompok Hkm Pokdarwis Mercusuar Desa Batu Betumpang Bangka Selatan, ada beberapa hal yang mereka kembangkan di sini. Selain mereka menanam bakau kita arahkan juga untuk membudidayakan kepiting bakau," ungkap Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Kebetulan, dikatakan Gubernur Bangka Belitung ini di kawasan Desa Batu Betumpang Bangka Selatan ada mercusuar yang bersejarah, ini bisa menjadi daya tarik wisata. Sehingga nantinya banyak orang berwisata ke daerah Kabupaten Bangka Selatan ini.

Lanjut, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi sangat mengapresiasi masyarakat yang selama ini berkomitmen menjaga hutan bakau. Dirinya mengatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan pendampingan langsung dan secara bertahap akan memberikan bantuan untuk pengelolaan kawasan hutan di Bangka Belitung ini. 

" Karena Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi salah satu dari 9 Provinsi yang mendapatkan perhatian khusus dalam rangka pengembangan dan rehabilitasi hutan bakau di Indonesia," terangnya.

" Jadi meskipun kawasan hutan di Provinsi Bangka Belitung ini dikenal sebagai daerah tambang, kelestarian daerah kita ini tetap terjaga kelestariannya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung Marwan menambahkan selain pemanfaatan di atas tadi, Gubernur Erzaldi ingin memberdayakan kelompok tani untuk mengelola kawasan hutan dengan menanam berbagai komoditi seperti jahe merah, porang, kapulaga yang terintegrasikan. 

Lebih lanjut, Ketua Kelompok HKm Pokdarwis Mercusuar Desa Batu Betumpang Bangka Selatan, Hadri Saputra menjelaskan bahwa pihaknya sudah mengelola kawasan hutan seluas 25 ha, untuk tanaman bakau dan akan di perluas lagi. 

Berdasarkan keterangan Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Batu Rusa Cerucuk, Tekstianto memberikan apresiasi atas kunjungan Gubernur Erzaldi. 

" Mengingat kelompok HKm Pokdarwis Mercusuar Desa Batu Betumpang ini merupakan salah satu kelompok yang mendapatkan bantuan dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang masuk dalam Program Padat Karya.Bantuan ini dapat berlanjut di Tahun 2021," pungkasnya. (**)