Camping Ground Tikus Emas

Manfaat Mengajak Anak Berkemah

13, March 2021 - 01:07 PM
Reporter : A Abu Bakar
Doc. Kebabelyuk.com
Doc. Kebabelyuk.com

BANGKATERKINI.COM - Bagi orang - orang yang berlum pernah berkemah kegiatan tersebut merupakan hal yang sia - sia atau menghabiskan waktu saja, tapi sebetulnya berkemah memiliki banyak manfaat terutama bisa dijadikan media pembelajaran bagi anak - anak.

Berikut manfaat mengajak anak - anak berkemah :

1. Menambah ilmu pengetahuan

Saat berkemah pastinya akan banyak hal - hal baru yang akan ditemui tergantung lokasi dimana tempat perkemahnya. 

Misalkan berkemah di hutan pastinya anak - akan akan melihat keaneka ragaman hayati yang ada di hutan dan jika berkemah di pantai  akan melihat bagaimana fenomena pasang surut air laut dan banyak lagi pelajaran lainnya yang bisa di ambil pelajarannya saat berkemah. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan sering berkemah pastinya ketahanan stamina tubuh anak menjadi semakin kuat tidak mudah sakit, karena saat aktifitas kemah, tubuh anak akan menyesuaikan dengan lingkungan lokasi berkemah. 

3. Menghilangkan kecanduan anak Bermain Hanphone

Di era saat ini banyak sekali anak yang terpengaruh oleh ketergantungan bermain hanphone, bahkan sampai kecanduan.

Dengan mengajak anak berkemah setidaknya kebiasaan berhanphone akan hilang sesaat, apalagi saat lokasi berkemahnya tidak ada sinyal dan tidak ada aliran listrik. 

4. Anak menjadi semakin mandiri

Dengan melibatka  anak saat mempersiapkan perlengkapan hingga konsumsi untuk berkemah maka dengan tanpa disadari bahwa hal tersebut dapat melatih anak untuk menjadi lebih mandiri.

5. Menghilangkan rasa takut yang berlebihan

Buat anak yang belum pernah berkemah pastinya kegelapan dan adanya suara - suara yang aneh pastinya akan membuat aneh dan menimbulkan rasa ketakutan, tapi berbeda dengan anak yang sudah terbiasa berkemah.

6. Timbulnya rasa peduli lingkungan

Rasa peduli akan kelestarian lingkungan akan tumbuh jika anak sering beraktifitas di alam terbuka, karena anak akan tau akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. 

7. Meningkatkan jiwa sosial 

Berkema pastinya juga akan berkumpul bersama peserta yang lainnya, berkumpul di lingkaran api unggun, berkenalan terus saling berbagi pengalaman, nah aktifitas tersebut lah yang akan meningkatkan jiwa sosial anak.

Dari tujuh alasan diatas bisa menjadi reverensi buat anda untuk sering mengajak anak untuk berkemah.