Camping Ground Tikus Emas

Politisi PPP Apri Panzupi Harap Pemkab Bangka Tengah Segera Lakukan Rekruitmen Pimpinan OPD Yang diisi Plt

08, September 2021 - 09:43 AM
Reporter : adithan
Anggota DPRD Bangka Tengah Fraksi PPP, Apri Panzupi
Anggota DPRD Bangka Tengah Fraksi PPP, Apri Panzupi

BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH - Anggota DPRD Bangka Tengah Fraksi PPP, Apri Panzupi sambut baik sikap Bupati Algafry Rahman yang ingin segera isi kekosongan pimpinan OPD di lingkup Pemkab Bangka Tengah.

Namun, ditegaskan Politisi PPP Bangka Tengah ini hal tersebut jangan dibiarkan terlalu lama, karena ada sekitar 7 OPD yang masih dipimpin Plt, dan ini akan bisa menggangu jalannya roda organisasi.

" Untuk itu kami menyambut baik dan sekaligus mendorong Bupati Bangka Tengah agar segera melakukan rekruitmen secara prosedural. Karena dgn sistem rekruitmen yg baik tentu akan menghasilkan figur pimpinan OPD yang juga qualified sesuai kebutuhan organisasi," ungkap Apri Panzupi.

Lanjutnya, siapapun nanti yang terpilih dan dipercaya untuk memimpin sebuah OPD, tentu lah ia harus mampu menterjemahkan apa yg menjadi bagian dari visi misi Bupati Bangka Tengah.

" Sejatinya ia harus mampu mengikuti ritme seorang Kepala Daerah dan tentunya juga harus terus update terhadap apa yg menjadi kebutuhan pembangunan di Bangka Tengah," tegas pria yang akrab disapa Rocky.

Dijelaskan nya dengan ambil contoh, di Nota Keuangan Bangka Tengah tahun anggaran 2022 seperti yg disampaikan kepada DPRD, pertumbuhan ekonomi Bangka Tengah ditargetkan tumbuh 3%. Menurut kami, ini angka yg sangat-sangat optimis, mengingat saat ini kita masih dalam kondisi Pandemi Covid-19 dan jika kita mencermati tren 2 (dua) tahun terakhir ini ekonomi Bangka Tengah pernah terkontraksi. Di 2020 saja minus 2,87%.

Oleh karena itu, optimisme angka tersebut harus mampu diterjemahkan oleh para Pimpinan OPD terkait melalui berbagai kegiatan yg ada di OPD tersebut. Termasuk setiap Pimpinan OPD yg ditugaskan harus open minded dgn masukan sekitar yg menjadi kebutuhan organisasinya dan harus memahami suasana kebathinan masyarakat Bangka Tengah.

" Karena memang tantangan kedepan itu semakin beragam. Sejatinya setiap pimpinan OPD kami harap tidak lagi bicara terbatas normatif saja, harus out of the box, mengikuti ruang gerak perkembangan dan kebutuhan di Bangka Tengah yang selalu dinamis," ucapnya.

Disamping itu, menurut nya seorang pimpinan OPD pun harus mampu me-manage team work diinternal secara humanis sekaligus menjadi mitra yg baik bagi eksternal.

" Artinya jangan lagi pernah mengedepankan ego sektoral, saatnya membangun sinergisitas yg komprehensif. Karena kalau semangat dan optimisme tersebut hanya ada pada level Bupati saja, bukan tak mungkin angka-angka tersebut hanya menjadi hiasan dokumen belaka yang tak berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bangka Tengah," harapnya.