Camping Ground Tikus Emas

Webinar Literasi Digital Bangka 'Peran Orangtua Dalam Menjaga Keamanan Digital Bagi Anak-anak di Dunia Maya

21, September 2021 - 09:22 AM
Reporter : adithan
Webinar Literasi Digital Bangka 'Peran Orangtua Dalam Menjaga Keamanan Digital Bagi Anak-anak di Dunia Maya
Webinar Literasi Digital Bangka 'Peran Orangtua Dalam Menjaga Keamanan Digital Bagi Anak-anak di Dunia Maya

BANGKA BELITUNG TERKINI - Gerakan Nasional Literasi Digital kembali mengadakan kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

Kali ini, webinar Literasi Digital 2021 di Kabupaten Bangka untuk Indonesia menghadirkan Akademisi Bidang Komunikasi Keluarga Ibu Reno Intan, S.Sos., M.Psi. T, Dosen IPB dan Praktisi Bapak Dr. Kaswanto, SP, M.Si, Founder Sekolah Alam Bangka Belitung Ibu Nina Fadilah dan Pengurus HIMPSI Prov. Kepulauan Bangka Belitung Ibu Silmika Wijayanti, M.Psi.Psikolog. Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @rmlegoh owner @mlegoh  dan Azzura Intan sebagai Moderator.

Webinar ini diadakan pada hari Sabtu  tanggal 18 September 2021 pukul 09.00 s.d 12.00 WIB dengan  tema  Peran Orangtua Dalam Menjaga Keamanan Digital Bagi Anak-anak di Dunia Maya via Media Zoom Meeting . Kegiatan ini dibuka untuk umum dengan melakukan pendaftaran pada link

https://s.id/lidigbangka18september Melalui kegiatan ini Kominfo berharap dapat mendukung transformasi digital Indonesia.

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. Webinar ini secara nasional sudah dibuka oleh Presiden RI yaitu Ir. Joko Widodo dan gratis untuk umum dengan mendapatkan E-Sertifikat serta Voucher e-money dari Kementrian.


Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pertanyaan pertama yaitu Yenny Sujiati mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama yaitu ibu Reno Intan mengenai Literasi digital mempunyai sisi positif dan negatif, selaku orang tua sudah melakukan control terhadap anak namun terkadang ada saja penaruh negatif dari luar. Apa yang harus dilakukan orangtua jika anak terlanjur mengakses video pornografi dan konten negatif sehingga merusak masa depan?

Pertanyaan kedua dari Haris Mediara yang bertanya kepada Narasumber kedua Bapak Kaswanto  Bagaimana menurut pengalaman dan pengamatan bapak, manakah yang lebih efektif untuk diberikan edukasi literasi digital terlebih dahulu disertai dengan porsi yang lebih banyak, sebaiknya orangtua atau orang dewasa terlebih dahulu atau anak-anak?

Pertanyaan ketiga dari Andini Lestari yang bertanya kepada Narasumber ketiga Ibu Nina Fadilah  mengenai saat ini banyak anak dibawah umur yang sudah pandai menggukana teknologi internet dan media sosial, dan mereka juga bisa mencari apapun diinternet karena rasa ingin tahu yang tinggi. Lalu usia berapa seharusnya kita sudah mengajarakan literasi di ruang digital kepada anak agar dapat bertanggung jawab dan menghindari tindakan ekspoilitasi sexual atau pelecehan sexual?

Pertanyaan terakhir dari Dodi Arianto ditujukan kepada narasumber keempat Ibu silmika Wijayanti terkait anak zaman sekarang sangat sulit untuk menerima budaya daerahnya sendiri, apalagi di era digital saat ini, anak-anak cenderung menyukai budaya luar daripada budaya lokal. Bagaimana cara mengedukasi anak zaman searang mengenai kebudayaan lokal dengan literasi budaya digital?

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidang nya. (*)