Camping Ground Tikus Emas

Webinar Memahami Batasan dalam Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital Kabupaten Bangka

26, October 2021 - 09:17 PM
Reporter : adithan
Webinar Memahami Batasan dalam Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital Kabupaten Bangka
Webinar Memahami Batasan dalam Kebebasan Berekspresi di Dunia Digital Kabupaten Bangka

BANGKA BELITUNG TERKINI - Gerakan Nasional Literasi Digital kembali mengadakan kegiatan Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021.

Kali ini, webinar Literasi Digital 2021 di Kabupaten Bangka untuk Indonesia menghadirkan Kepala Seksi Pengolahan dan Aspirasi Publik Dinas Kominfotik Bapak Syali Gestanon, S.Sos, Dosen Prodi Televisi dan Film Unpad Bapak Jimi N. Mhameruaji, M.Si, M.Si, Dosen Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung, Bapak Rio Armanda Agustian, S.H, M.H, dan General Manager Babel Pos Bapak Faizal, S.IP.

Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @rmlegoh owner @rmlegoh dan Rahmat Riyadi sebagai Moderator.

Webinar ini diadakan pada hari Jum’at tanggal 22 Oktober 2021 pukul 14.00 s.d 17.00 WIB dengan  tema Tantangan Proses Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian via Media Zoom Meeting . Kegiatan ini dibuka untuk umum dengan melakukan pendaftaran pada link https://s.id/lidigbangka22oktober dan dengan melalui kegiatan ini Kominfo berharap dapat mendukung transformasi digital Indonesia

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet. Webinar ini secara nasional sudah dibuka oleh Presiden RI yaitu Ir. Joko Widodo dan gratis untuk umum dengan mendapatkan E-Sertifikat serta Voucher e-money dari Kementrian.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pertanya pertama yaitu Rina Kurdianti mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama yaitu Bapak Syali Gestanon mengenai di masa pandemi ini medsos menjadi faktor penting di dunia masyarakat, terutama siswa sekolah karena pembelajaran dilakukan secara daring dan siswa pun tertarik dengan media sosial, dengan itu bagaiamana menyikapi dan mengeduaksi siswa agar siswa tetap bijak  menggunakan medos dan menjadikan medsos bermanfaat  untuk anak-anak sekolah?

Pertanyaan kedua dari Yeni Nurhaen yang bertanya kepada Narasumber kedua Bapak Jimi mengenai bagaimana menjadi milenial yang cakap digital dan produktif namun juga menyebarkan dan meninggalkan jejak digital yang baik meskipun kita bebas berekspresi?

Pertanyaan ketiga dari Iman Al Qodri yang bertanya kepada Narasumber ketiga Bapak Rio Armanda Agustian yaitu seperti yang kita ketahui saat ini pemerintah sudah banyak mengatakan untuk mewaspadai dan melawan konten negatif seperti provokasi dan berita hoaks, apakah media sosial bisaterbebas dari konten  negatif tersebut serta bagaimana langkah kita agar dapat terhindari dari hal tersebut sehingga kita dapat disebut orang yang beretika dalam bermedia sosial?

Pertanyaan keempat dari Febri ditujukan kepada narasumber keempat Bapak Faizal, yaitu bagaimana peran jurnalis dan media cetak/elektronik dalam menyampaikan suatu berita, akan tetapi masyarakat hanya membaca judul atau timeline saja, sehingga menimbulkan salah persepsi dalam menanggapi suatu peristiwa dan banyak netizen memposting dari hasil persepsi yang belum tentu kebenarannya?

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidangnya. (*)