Camping Ground Tikus Emas

Badan Narkotika Nasional Datangi SMA Negeri 2 Pangkalpinang

24, March 2022 - 06:20 PM
Reporter : Dion (Atok)
Badan Narkotika Nasional Datangi  SMA Negeri 2 Pangkalpinang
Badan Narkotika Nasional Datangi SMA Negeri 2 Pangkalpinang



PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) angka penyalahgunaan narkoba tergolong masih tinggi, pada grafik hasil survey Badan Narkotika Nasional (BNN), penyalahgunaan narkoba didominasi oleh kelompok pekerja dan pelajar.

Sebagai langkah pencegahan terhadap kasus penyalahgunaan khususnya ditingkat pelajar dan remaja, BNN Kota Pangkalpinang terus gencar memberikan edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah maupun organisasi kepemudaan.

Sosialisasi diberikan BNN Kota Pangkalpinang dikemas semenarik mungkin agar mudah dan cepat dicerna serta dimengerti oleh penerima informasi, beberapa diantaranya dialog santai, sosialisasi, dan penyampaian Edukasi melalui program BNN Goes To School yang diselenggarakan BNN Pangkalpinang di Aula SMA Negeri 2 Pangkalpinang, Kamis (24/03/2022).

Sosialisasi yang diikuti sekitar 50 siswa dari Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Kepala BNN Kota Pangkalpinang AKBP Noer Wisnanto melalui Sub Koordinator Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Nira Rum Winangkis mengatakan bahwa kegiatan positif berorganisasi di sekolah sangat penting terutama dalam membentuk mental dan jiwa pelajar yang berkarakter. 

"Seperti halnya LKS, yang membentuk siswa menjadi religius, berkarakter, berjiwa nasionalis mengamalkan Pancasila, serta aktif dimasa pandemi," ujar Nira saat memberikan materi.

Lanjutnya, Nira membeberkan strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba kepada peserta LKS beberapa diantaranya adalah fokus dengan kurikulum dan program sekolah, menyibukkan diri dengan kegiatan positif seperti ekstrakulikuler dan berorganisasi, serta  tidak menutup diri kepada teman maupun keluarga. 

Nira juga mengatakan, beberapa ciri seorang yang memakai narkoba dapat dilihat dari perubahan fisik, karakter, konsumtif yang tidak jelas dalam mengelola uang, serta cenderung mudah tersinggung, sering berbohong dan memendam masalah adalah dua diantara ciri-ciri penyalahguna narkoba.

"Kepada seluruh pelajar khususnya SMA Negeri 2 Pangkalpinang untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, berprestasi, aktif, dan berkarakter, lakukan aktivitas yang positif," tutup Nira. (Atok)