Camping Ground Tikus Emas

Ribuan Masyarakat Miskin di Bangka Tengah Terima PKH 2023

02, March 2023 - 01:01 PM
Reporter : adithan
Ribuan Masyarakat Miskin di Bangka Tengah Terima PKH 2023
Ribuan Masyarakat Miskin di Bangka Tengah Terima PKH 2023

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Sebanyak 3900 Keluarga di Bangka Tengah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). 

PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Bangka Tengah (Dinsos PMD Bateng) Padhlillah. 

 "PKH ini merupakan program pusat, yang memiliki beberapa sektor bantuan khusus pada Keluarga Miskin di Indonesia," ungkapnya kepada Bangkaterkini.id, Kamis (02/3/2023). 

"Adapun bentuknya ada dalam bentuk tunai, non tunai, bantuan pendidikan dan fasilitas lainnya untuk menjamin Keluarga Miskin. Bantuan ini diberikan langsung oleh pusat ke rekening masing-masing penerima, " sambungnya. 

Ia  menyebutkan,  jika setiap KPM (Keluarga Penerima Manfaat-Red) yang masuk dalam PKH (Program Keluarga Harapan-Red) didampingi oleh pendamping  PKH yang memastikan jika uang itu diterima dan digunakan. 

Diketahui jika Bangka Tengah memiliki 17 Pendamping yang mendampingi PKH diseluruh Bangka Tengah dimana 1 Pendamping mendampingi PKH di 3-4 desa. 

"Kami sendiri gak tau kalau uangnya sudah cair apa belum. Biasanya pendamping yang melaporkan ke kami dan bantuan tersebut cair setiap triwulan atau 3 bulan sekali, " tuturnya. 

"Harusnya bulan ini sudah mulai pencairan ke KPM PKH. Biasanya awal bulan cair bantuannya. Nanti pendamping yang memastikan sudah ditarik dan digunakan apa belum. Kalau tidak digunakan 2c pencairan maka akan kami cabut bantuannya karena dianggap sudah mampu, " lanjutnya. 

Padhlillah juga mengungkapkan, seluruh PKH juga menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) karena data PKH termasuk keluarga miskin yang terdata. 

"Yang dapat PKH sudah pasti dapat BNPT. Yang dapat BNPT belum tentu dapat PKH. Penerima PKH kita ada 3900 KK, dan penerima BNPT ada 6600 KK, " ungkapnya. 

Padhlillah berharap, bisa terus memberikan pelayanan  yang terbaik untuk masyarakat guna mewujudkan Bangka Tengah yang semakin unggul. 

"Kami bekerja sesuai instruksi pak Bupati yang menegaskan kami (Dinsos-Red) untuk membantu masyarakat Bangka Tengah yang benar-benar perlu bantuan pemerintah dan harus tepat sasaran, " imbuhnya. ()