Camping Ground Tikus Emas

Pemkab Bangka Tengah Larang Pelepasan Siswa/i Diluar Sekolah

15, May 2024 - 02:51 PM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah mengeluarkan surat edaran tentang Pelaksanaan Perpisahan Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024, bahwa pelaksanaan perpisahan sekolah tidak boleh dilaksanakan di luar lingkungan sekolah dan beberapa poin lainnya, baik itu sekolah yang berstatus negeri maupun swasta.

Diketahui, surat edaran tersebut dikeluarkan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, dalam hal ini ditujukan kepada setiap sekolah mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar mengatakan surat yang kami sampaikan tersebut atas perintah Bupati Bangka Tengah dalam rangka mendukung program pemerintah serta membantu mengurangi beban orang tua dalam pelaksanaan perpisahan sekolah tersebut.

"Ini merupakan kebijakan pemda, atas perintah Bupati Bangka Tengah, bahwa pelaksanaan perpisahan sekolah hanya boleh dilaksanakan di sekolah, dilarang diluar lingkungan sekolah," terangnya, Rabu (15/5/2024).

Dikatakannya, kebijakan ini dilakukan sebagai upaya kita bersama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi seperti kasus kemarin yang terjadi di Subang, yang mana studi tour anak-anak terjadi kecelakaan yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia," ungkapnya.

Selain dilarangnya melaksanakan perpisahan diluar sekolah, Pemkab Bateng juga menyampaikan beberapa imbauan lainnya yang harus diperhatikan oleh setiap sekolah di Bangka Tengah, diantaranya adalah ;

1. Tidak melakukan pungutan biaya untuk kegiatan perpisahan sekolah dan/atau pelepasan peserta didik dari orang tua siswa;

2. Pelaksanaan kegiatan perpisahan/pelepasan siswa kelas VI (enam) dan IX (sembilan) hendaknya dijadikan momentum untuk mengembalikan siswa secara resmi dari sekolah kepada orang tua melalui pesan moral dan motivasi;

3. Siswa dilarang untuk melakukan aksi coret-coret seragam sekolah serta konvoi dijalanan;

4. Kegiatan/Acara perpisahan sekolah dilarang untuk dilaksanakan diluar lingkungan sekolah ;

Jadi itulah beberapa poin yang harus diperhatikan oleh setiap sekolah dan imbauan juga untuk seluruh Kepala Satuan Pendidikan di Kabupaten Bangka Tengah mengenai pelaksanaan perpisahan sekolah tahun ajaran 2023/2024. (*/Rp)