Iklan Bangka Terkini

Pj Gubernur Babel Hadiri Pembinaan Statistik Sektoral Oleh BPS

17, October 2024 - 08:34 PM
Reporter : adithan
Caption : Pj. Gubernur Babel Sugito Didampingi Kepala BPS Babel Saat Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Ketua Tim Penilai Internal M. Erisco Nurrahman
Caption : Pj. Gubernur Babel Sugito Didampingi Kepala BPS Babel Saat Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Ketua Tim Penilai Internal M. Erisco Nurrahman

PANGKALPINANG, BANGKATERKINI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan acara Pembinaan Statistik Sektoral melalui Sosialisasi Hasil EPSS Tahun 2024 di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama jajaran pejabat tinggi lainnya dan sekaligus menyerahkan hasil penilaian indeks pembangunan statistik serta penghargaan dalam penilaian evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS).

Dalam acara tersebut, diinformasikan Hasil EPSS Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel termasuk kategori ‘Baik’, dengan menduduki peringkat 9 nasional dan peringkat 3 wilayah Sumatera kategori Pemerintah Provinsi (Pemprov). Hal ini ditandai dengan piagam penghargaan yang diterima Pj Gubernur Sugito oleh Kepala BPS Babel, Toto Haryanto Silitonga sebagaimana yang ditetapkan dengan Keputusan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 605 Tahun 2024 Tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2024.

Pj Gubernur Kep. Babel mengapresiasi dua OPD Pemprov Babel, yakni BKPSDM dan Dinas Pendidikan (Dindik) yang menjadi lokus penilaian EPSS tahun 2024 dan tim penilai internal.

“Semuanya telah bekerja dengan baik dalam melakukan penyelenggaraan statistik sektoral dan penyediaan bukti dukung, sehingga kita bisa mendapatkan nilai IPS (indeks pembangunan statistik) sebesar 2,78 dan termasuk kategori baik,” ujarnya.

IPS menjadi suatu indikator yang menggambarkan tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di masing-masing instansi pemerintah penyelenggaraan kegiatan statistik sektoral.

Ketua Tim Penilaian Internal Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS), Muhammad Erisco Nurrahman menyampaikan bahwa hasil ini merupakan kolaborasi dari BPS Provinsi Kep. Babel sebagai Pembina data dan Dinas KOMINFO Provinsi Kep. Babel sebagai Walidata dan 2 lokus penilaian yaitu Dindik dan BKPSDMD serta Tim Penilai Internal yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyiapkan seluruh dokumen dari 5 domain, 19 aspek dan 38 indikator penilaian yang telah ditetapkan.

“Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan tim penilai internal dan tim bidang e-Government dan Statistik yang telah memberikan karya nyatanya dalam memenuhi kebutuhan data dan dokumen bukti dukung sehingga kita semua mendapatkan piagam penghargaan dari Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kep. Babel”, ujar pria yang juga menjabat Kepala Bidang e-Government dan Statistik Dinas KOMINFO Provinsi Kep. Babel.

“Selain itu, hasil EPSS Provinsi Kep. Babel, mendapatkan hasil penilaian di atas rata-rata nasional yaitu 2,35 dan di atas rata-rata nilai katerori Pemerintah Provinsi, dimana terjadi peningkatan nilai yang besar dari tahun sebelumnya yaitu 1,03, Hal ini menggambarkan bahwa usaha dan kerja keras dari tim dan semoga makin lebih baik ditahun selanjutnya”, tambahnya.

Selanjutnya, untuk persiapan evaluasi penyelenggaran statistik sektoral tahun 2025 akan dilakukan langkah dan strategi dengan menyusun rencana aksi dalam kegiatan pembinaan statistik sektoral kepada produsen data dengan mekanisme yang telah ditetapkan BPS, khususnya dua lokus penilaian dan menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan BPS dalam peningkatan kinerja serta penyediaan dan penyempurnaan bukti dukung serta membangun sinergi dan kolaborasi dalam menindaklanjuti rekomendasi dalam pemenuhan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tahun 2025, tutupnya. (*)

Berita Terkait
Iklan Bangka Terkini