Camping Ground Tikus Emas

Sumpah Pemuda, KNPI Babel Tenggelamkan Terumbu Karang Buatan Mirip Virus Corona

27, October 2020 - 01:56 AM
Reporter : adithan
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangka Belitung (Babel) tenggelamkan 92 terumbu karang buatan yang dibentuk seperti Covid-19, ke dasar laut Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (26/10/2020).
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangka Belitung (Babel) tenggelamkan 92 terumbu karang buatan yang dibentuk seperti Covid-19, ke dasar laut Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (26/10/2020).

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bangka Belitung (Babel) tenggelamkan 92 terumbu karang buatan yang dibentuk seperti Covid-19, ke dasar laut Pulau Ketawai, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (26/10/2020).

Ketua DPD KNPI Babel, Muhammad Irham mengatakan, hal itu menandakan semangat pemuda dalam menjaga kelestarian alam dan melawan Virus Corona. Serta merupakan rangkaian menyambut hari sumpah pemuda, dengan menenggelamkan sebanyak 92 butir terumbu karang buatan sesuai dengan usia hari sumpah pemuda yakni 92 tahun.

" Karena provinsi kita indentik dengan kelautan, maka kami membuat terumbu karang yang mirip dengan bentuk Virus Corona (Covid-19). Ini mengambil pilosofi agar Virus Corona segera tenggelam dan kita kembali ke era normal," ungkap Irham.

" Tidak hanya itu, terumbu karang ini hadiah dari KNPI untuk hewan laut terutama ikan, berupa rumah baru sebagai calon tempat tinggal," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menilai hal positif yang dilakukan KNPI Babel patut di apresiasi dan menjadi contoh, agar lingkungan tetap lestari terlebih dengan keindahan lautnya yang eksotik, serta menjadikan provinsi ini salah satu tujuan wisata.

" Selamat hari sumpah pemuda kepada seluruh pemuda di Indonesia. Ini membuktikan semangat pemuda yang ingin alam selalu lestari," ujar Erzaldi.

Dia yakin, jika calon rumah ikan yang dibuat dari cor semen berbentuk Virus Corona akan menjadi karang permanen.

"Karang dengan bentuk Virus Corona yang ditenggelamkan ini, menandakan semangat kita bersama, khususnya pemuda untuk menenggelamkan Covid-19 selama - lamanya," ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPP KNPI Haris Pertama, turut mengapresiasi KNPI Bangka Belitung (Babel) yang kompak dengan pemerintah dan forkopimda.

" Semangat pemuda Indonesia tercermin di hari sumpah pemuda. Kita bisa lihat semangat pemuda bersama dengan pemerintah daerah terutama menghilangkan Covid-19 dari Indonesia. Simbolisasi yang dilakukan DPD KNPI Babel, menjadi semangat bagi pemuda Indonesia," tukasnya.

Kegiatan yang juga turut dihadiri Kapolda Babel, Irjen (Pol) Anang Syarif Hidayat, masih akan berlanjut di hingga pada puncaknya hari sumpah pemuda pada 28 Oktober mendatang. (Red*)