Camping Ground Tikus Emas

Silaturahmi, Berbagi Serta Kilas Balik Sejarah Jurnalis FC Dan Misi Dongkrak UMKM Anggota

15, April 2022 - 09:05 AM
Reporter : Dion (Atok)
Silaturahmi, Berbagi Serta Kilas Balik Sejarah Jurnalis FC Dan Misi Dongkrak UMKM Anggota
Silaturahmi, Berbagi Serta Kilas Balik Sejarah Jurnalis FC Dan Misi Dongkrak UMKM Anggota


PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Awal kiprah kelompok wartawan yang tergabung dalam Jurnalis FC,  menggelorakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), Sabtu (16/04/2022).

Puncaknya, Sabtu sore esok skuad yang tergabung dan Jurnalis FC dan sejumlah awak media lain, menggagas kegiatan Baksos yang mengusung  tema Silaturahmi dan Berbagi Jurnalis FC.

Simpang tujuh atau yang lebih dikenal dengan sebutan simpang DKT menjadi titik lokasi kegiatan  Baksos bagi bagi takjil dan nasi kotak Jurnalis FC, sebelum diakhiri kegiatan Buka Bersama (Bukber)

Kilas balik, semula nama Jurnalis FC cukup santer dan akrab di telinga, khusunya bagi para awak media  pecinta olahraga sepakbola.

Eksistensi Jurnalis FC tersebut, tak lepas dari hobi serta kecintaan para punggawa awak media terhadap sepakbola di era sebelumya.

Namun, beberapa tahun silam nama Jurnalis FC yang sempat  digawangi barisan, Badrian,  Hendra Batosai, Rudi Syahwani,  Tomo Yuda Prawira, Teddy Malaka, Koko Sadmoko, dan Leo itu vakum.

Puncaknya, pasca pandemi Covid 19 melanda sehingga hampir tak terdengar lagi adanya laga laga persahabat antara jurnalis FC dengan instansi pemerintah dan vertikal lainnya.

Berangkat dari semangat para pemain veteran tersebut serta hobi bermain futsal, komunitas yang digawangi Dwi H Putra, Anthoni Ramli, Said Faisal, Riki Pratama, Deby, Renaldi, Jack serta rekan rekan pewarta lainnya, mencoba  kembali memupuk semangat olahraga sepakbola tersebut. Nama Jurnalis FC pun kembali  digelorakan.

Hanya saja, Jurnalis FC yang saat ini, lebih dominan ke cabor sepakbola mini atau yang trend dengan sebutan Futsal.

Namun, bertepatan dengan bulan ramadan, eksistensi dan laga persahabat yang acap kali digelar Jurnalis FC tergerus. Banyaknya waktu luang itu, anggota yang tergabung Jurnalis FC kemudian memutus mengisi kesenggangan waktu tersebut dengan kegiatan sosial.

"Silaturahmi dan kegiatan baksos ini tercetus karena kebetulan memang bertepatan dengan bulan ramadan, jadi biasanya hampir tiap Minggu kita sparing otomatis berkurang, dari situ kawan kawan sepakat menyisihkan waktu untuk kegiatan sosial, mulai dari bagi bagi takjil dan nasi kotak," kata kordinator kegiatan Dwi.

Selain urunan dari para anggota, donasi juga datang dari donatur  dan rekan rekan pewarta dari luar Jurnalis FC.

Lanjut Dwi, nantinya selain pengendara kegiatan baksos Jurnalis FC juga menyasar, sopir angkot, pengendara gojek, serta kaum duafa lainnya.

"Awalnya kami yang tergabung dalam komunitas jurnalis FC urunan, namun Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, donasi terus berdatangan baik dari kawan kawan wartawan di luar Jurnalis FC dan donatur lainnya," kata Dwi.

Selain misi sosial, komunitas Jurnalis FC juga, menggagas misi mendongkrak ekonomi UMKM. Khusunya bagi anggota group, yang saat ini jumlahnya hampir 50 orang.

Kordinator lapangan, Anthoni Ramli menyebut, donasi yang terkumpul seluruhnya dialokasikan ke para anggota dan keluarga yang memiliki UMKM pada bulan ramadan.

"Jadi dana yang terkumpul nantinya dialokasikan untuk membeli, nasi kotak, takjil, kue dan es buah dari kawan kawan atau keluarganya yang berjualan pada bulan ramadan ini. Paling tidak dari misi kecil ini bisa mendongkrak UMKM mereka," kata Anthoni.

Anthoni bersyukur misi tersebut ternyata selaras dengan hadirnya sejumlah UMKM para anggota dan keluarga. Alhasil semua menu kegiatan Baksos, tersajikan.

"Dan bersyukurnya lagi, menu kegiatan baksos ini ada semua di UMKM mereka, baik itu nasi kotak, takjil seperti kolak, kue dan es buah semuanya ada," pungkasnya. (*)