Camping Ground Tikus Emas

Kolaborasi dengan Polman Babel, Bangka Tengah Bakal Bangun Kampus 2025 Mendatang

22, May 2024 - 08:44 PM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI – Pengembangan dunia pendidikan Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Tengah serta rencana pembangunan kampus Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) memasuki tahap Forum Group Discussion (FGD).

Bertempat di Polman Babel, Rabu (22/05/2024), FGD terkait dengan hibah lahan untuk pembangunan kampus Polman Babel di Kabupaten Bangka Tengah ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Bangka Tengah, Drs. Sugianto, M.Si., serta Direktur Polman Negeri Bangka Belitung, I Made Andik Setiawan, S.ST., M.Eng., Ph.D.

Sugianto menyebutkan bahwa rencana ini adalah suatu kolaborasi serta terobosan untuk pembangunan Bangka Tengah. Ia mengatakan hal ini akan mempunyai efek yang luar biasa bagi masyarakat Bangka Tengah.

“Ini merupakan suatu terobosan bagi pembangunan Bangka Tengah untuk semakin meningkatkan SDM yang ‘Semakin Unggul’ melalui bidang perguruan tinggi. Tidak hanya untuk SDM, tetapi kemudahan akses pendidikan, pengembangan ekonomi lokal hingga berbagai inovasi serta penelitian juga menjadi manfaat dari akan berdirinya Polman Babel di sini,” ujarnya.

Melalui komitmen bersama yang dibahas melalui FGD ini, Sugianto menyebutkan sudah berkoordinasi secara teknis melalui para Asisten Sekretariat Daerah Bangka Tengah serta OPD seperti BPKAD, DLH hingga Bappelitbangda untuk membantu proses akselarasi hibah lahan.

“Melalui FGD yang juga dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah di Bangka Tengah ini, kami langsung saling berkoordinasi satu sama lain agar akselerasi ini dapat kita lakukan karena Polman Babel sudah menyusun action plan untuk melakukan proses pembangunan di tahun 2025,” kata Sugianto.

Sementara itu, I Made Andik Setiawan mengatakan sebagai Perguruan Tinggi, Polman Babel bersama Pemerintah Provinsi hingga kabupaten/kota mempunyai andil untuk memajukan dunia pendidikan serta SDM di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya dalam hal ini pembangunan di Kabupaten Bangka Tengah.

“Tentunya kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kerja sama yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk bersama-sama meningkatkan kualitas SDM melalui dunia pendidikan ini,” ungkapnya yang didampingi Wadir II dan Wadir III Polman Babel.

Dikatakannya, Kabupaten Bangka Tengah adalah lokasi yang sangat strategis untuk melakukan pembangunan Polman Babel dikarenakan posisinya yang berada di tengah-tengah.

“Dengan posisinya yang strategis, kita harapkan baik itu masyarakat Bangka Tengah maupun daerah lain seperti Bangka Selatan yang ingin berkuliah, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal serta tambahan lainnya dapat terbantu dengan adanya Polman Babel sebagai salah satu perguruan tinggi negeri nantinya,” harap I Made Andik.

Turut hadir dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Tengah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Tengah, Kepala BPKAD Bangka Tengah, Kepala DLH Bangka Tengah, Kepala Bappelitbangda Bangka Tengah, Sekretaris Inspektorat Bangka Tengah, Kabag Perekonomian dan Pembangunan, serta Perwakilan OPD Bangka Tengah.*