Iklan Bangka Terkini

MTQH Kecamatan Namang Digelar, Algafry Generasi Muda Cintai Al-Qur'an

14, May 2024 - 11:38 AM
Reporter : Ilham

BANGKA TENGAH, BANGKATERKINI – Lantunan merdu ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan qori terbaik Bangka Tengah menjadi pembuka kegiatan MTQH Kecamatan Namang Tahun 2024, bertempat di Masjid Al Hasanah, Desa Bukit Kijang, Kecamatan Namang, Selasa (14/05/2024).

Sebanyak 186 orang peserta dari berbagai desa akan mengikuti berbagai cabang yang dilombakan, diantaranya Tilawah, Qira’at, Hifzhil, Tafsir, Fahmil, Syarhil, Seni Kaligrafi, Karya Tulis, Hadis Nabi, dan Murottal Emas.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk mencintai dan mentadaburi isi Al-Qur’an.

“Tak henti-hentinya kami mengajak untuk betul-betul memahami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, karena orang yang hatinya selalu tergerak untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an termasuk golongan orang yang bertakwa kepada Allah Swt,” ungkapnya.

Ia juga berharap pelaksanaan MTQH di seluruh kecamatan di Bangka Tengah semakin baik kedepannya.

“Saya berharap kegiatan MTQH tahun demi tahun ada perubahan, pesertanya bertambah, kualitasnya meningkat. Saya senang semua orang berlomba-lomba untuk ikut serta, menang atau tidak yang penting kita sudah berusaha, selebihnya serahkan kepada Allah Swt,” tutur Algafry.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penabuhan beduk oleh Bupati Bangka Tengah beserta jajaran sebagai tanda resmi dimulainya pelaksanaan MTQH Kecamatan Namang. Selain itu, Algafry juga mengukuhkan dewan hakim yang akan bertindak sebagai juri dalam perlombaan yang akan dilaksanakan hingga 16 Mei 2024.

Senada dengan Algafry, Ketua Dewan Hakim MTQH Kecamatan Namang, Sairan mengungkapan kegiatan MTQH menjadi sarana efektif untuk mewujudkan pemahaman Al-Qur’an.

“Kita wujudkan generasi muda yang bukan hanya kenal Al-Qur’an namun juga menjadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari dan generasi muda yang berakhlakul karimah,” kata Sairan.

Ia juga mengatakan bahwa Dewan Hakim akan memberikan penilaian secara objektif sehingga terjaring potensi-potensi unggul yang akan mengharumkan nama Kecamatan Namang pada MTQH tingkat kabupaten hingga nasional.

Kegiatan ini juga diisi dengan tausiyah agama oleh Ustaz Kemas Mahmud. Dalam tausiahnya, Ia menyampaikan keistimewaan Al-Qur’an yang memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam kehidupan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Camat Namang, Kapolsek Namang, Perwakilan Danramil Pangkalanbaru-Namang, Babinsa Desa Bukit Kijang, Kepala Desa se-Kecamatan Namang, Kepala Puskesmas Namang, Kepala LPTQ Kecamatan Namang, dan Kepala KUA Kecamatan Namang.*